Ratusan Mahasiswa IPB Terjerat Pinjol Ilegal

0
203
Ratusan Mahasiswa IPB Terjerat Pinjol Ilegal

Beberapa waktu yang sedang ramai diberitakan tentang ratusan mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) yang dilaporkan telah menjadi korban penipuan yang berujung pada tunggakan tagihan pinjaman online atau pinjol ilegal untuk memenuhi kebutuhan dana untuk kegiatan kampus.

Ketua Satgas Waspada Investasi (SWI) OJK mengatakan bahwa kejadian ini diduga penipuan berkedok perdagangan dengan menggunakan pinjaman online berkedok menawarkan kerja sama usaha penjualan daring di toko daring milik pelaku. Saat negosiasi dijalankan, pelaku menawarkan komisi 10 persen per transaksi kepada para korban.

Pinjol ilegal memang berbahaya dan akan sulit keluar bagi siapa saja yang terjerat. Maka dari itu, kita harus sangat bijak dalam menggunakan pinjaman online. Jangan sampai platform yang kita gunakan termasuk dalam pinjol ilegal. Lalu bagaimana agar tidak termakan buaian pinjol ilegal?

1. Gunakan Aplikasi Resmi Berizin OJK

Kamu bisa mengecek platform pinjol yang legal melalui Sikapi Uangmu OJK. Di sana terdapat daftar pinjol yang sudah berizin dan diawasi oleh OJK sehingga terjamin keabsahannya.

2. Perhatikan Biaya dan Bunga

Pinjol yang legal dan diawasi oleh OJK akan selalu memberikan rincian biaya dan suku bunga secara transparan. Oleh karena itu sebelum mengajukan pinjaman, perhatikan biaya dan bunga yang akan kamu bayar nantinya.

3. Baca Syarat dan Ketentuan Detail

Kamu perlu teliti untuk membaca syarat dan ketentuan secara mendetail guna menghindari kesalahpahaman yang akan merugikan di kemudian hari.

4. Sesuaikan Kemampuan Membayar

Terakhir, sesuaikan besaran pinjaman dengan kemampuan membayarmu. Jangan sampai pinjaman kita terlalu besar sehingga membebani kita dalam membayarnya. Penting untuk membuat kalkulasi pendapatan, kebutuhan, dan jumlah setoran yang harus dibayarkan.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut