5 Cara Agar Tidak Mudah Tertipu Investasi Bodong

0
323
5 Cara Agar Tidak Mudah Tertipu Investasi Bodong

Investasi adalah salah satu cara untuk mengembangkan kekayaan dan mencapai tujuan keuangan jangka panjang. Namun, di tengah maraknya investasi bodong dan penipuan finansial, penting bagi kita sebagai investor cerdas untuk menjaga keamanan investasi kita. 

Berikut adalah 5 cara agar tidak mudah tertipu investasi bodong:

1. Lakukan Riset Mendalam

Sebelum berinvestasi, lakukan riset mendalam tentang perusahaan atau produk investasi yang ditawarkan. Periksa reputasi perusahaan, tinjau track record mereka, dan cari tahu informasi tentang legalitas dan regulasi yang mengatur investasi tersebut. Jangan terburu-buru dalam mengambil keputusan investasi tanpa melakukan riset yang cukup.

2. Waspadai Janji Keuntungan Tinggi

Investasi bodong seringkali menjanjikan keuntungan yang tidak realistis atau terlalu tinggi dalam waktu singkat. Jika penawaran terdengar terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, kemungkinan besar itu adalah investasi bodong. Pastikan untuk memiliki harapan yang realistis tentang potensi keuntungan investasimu.

3. Periksa Legalitas dan Regulasi

Investasi yang legal dan terpercaya harus memiliki izin resmi dari otoritas keuangan yang berwenang. Periksa apakah perusahaan investasi terdaftar dan diawasi oleh regulator yang berwenang di negara tempat mereka beroperasi. Pastikan untuk memeriksa lisensi, izin, atau sertifikasi yang dimiliki oleh perusahaan tersebut.

4. Periksa Testimoni dan Ulasan Pengguna

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi, periksa testimoni dan ulasan dari pengguna atau investor lain yang telah berpengalaman dengan perusahaan atau produk investasi yang sama. Baca pengalaman mereka dan tinjau apakah ada tanda-tanda penipuan atau ketidakpuasan yang sering muncul. Ulasan dan testimonial yang positif dan konsisten dapat memberikan indikasi bahwa investasi tersebut terpercaya.

5. Waspadai Teknik Penjualan Agresif

Investasi bodong sering kali menggunakan teknik penjualan yang agresif dan memaksa agar kamu segera mengambil keputusan tanpa memberikan waktu untuk berpikir secara matang. Hindari tekanan untuk segera melakukan investasi dan berhati-hatilah terhadap penawaran yang terlalu mendesak. Ambil waktu untuk mempertimbangkan keputusan investasi dengan bijak dan jangan ragu untuk menolak jika kamu merasa terdorong secara tidak wajar.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut