4 Tips Memilih Jurusan Kuliah Anti Bingung!

0
218
4 Tips Memilih Jurusan Kuliah Anti Bingung!

Apakah kamu saat ini berada di bangku SMA dan masih bingung memilih jurusan kuliah yang tepat?  Menentukan jurusan kuliah menjadi salah satu keputusan penting dalam hidup. Di sana kamu akan bergabung dengan lingkungan baru, mengerjakan berbagai tugas, menyelesaikan skripsi, hingga memulai karir ke depannya.

Jika saat ini kamu sedang kebingungan memilih jurusan kuliah, yuk simak tips yang harus kamu perhatikan saat memilih jurusan kuliah berikut ini!

1. Kenali Minat dan Bakat

Cara termudah adalah dengan mengikuti tes minat dan bakat untuk mengetahui jurusan yang tepat untuk kamu. Tes ini biasanya terbagi menjadi tiga bagian pertanyaan, yaitu aktivitas kesukaan, aktivitas dengan kemampuan, dan profesi yang kamu sukai. Meski belum bisa dikatakan 100 persen efektif untuk membaca potensi dan karakter, tes ini cukup membantu menganalisis minat, nilai-nilai, karakter, kelebihan, kekurangan, hingga skala kemampuan baik di bidang seni atau sosial.

2. Minta Pendapat Orang Terdekat

Kamu bisa meminta pendapat dan pandangan orang terdekat, misalnya orang tua ataupun anggota keluarga lainnya. Selain itu, kamu juga bisa meminta saran pada orang yang berpengalaman di bidang tersebut. Pendapat orang lain mungkin dapat membantumu memperluas sudut pandang baru dalam menentukan pilihan.

3. Pertimbangkan Prospek Kerja

Selain memilih jurusan berdasarkan minat bakat, kepribadian dan kemampuan, melihat peluang kerja juga penting. Apakah jurusan tersebut  akan membawa pekerjaan yang saat ini sedang banyak dibutuhkan di dunia industri? Coba bandingkan beberapa jurusan yang akan kamu pilih dan perhatikan prospek pekerjaan sampai 5 tahun ke depan.

4. Hindari Ikut-ikutan Teman

Pilihlah jurusan kuliah yang benar-benar sesuai dengan minat dan kemampuanmu, jangan hanya karena terpengaruh oleh teman. Jangan takut beradaptasi di lingkungan baru tanpa teman yang sudah kamu kenal sebelumnya karena nanti kamu juga akan mendapatkan teman baru di bangku kuliah.

Pertimbangkan jurusan kuliah secara matang dan pikirkan baik-baik dan juga persiapkan mental dan fisik untuk beralih dari calon mahasiswa menjadi mahasiswa baru. Selamat mencoba tips di atas, ya!

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 12% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut