Paylater, Untung atau Buntung?

0
237
Paylater, Untung atau Buntung?

Istilah paylater kian populer khususnya di tengah masyarakat yang sering berbelanja online. Paylater adalah fasilitas yang mulai menggantikan posisi kartu kredit karena dinilai lebih praktis. Bagi kamu yang suka memakai paylater, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah ini. Paylater merupakan metode untuk menunda atau mencicil pembayaran ketika membeli sesuatu melalui suatu platform. Biasanya paylater banyak ditawarkan perusahaan-perusahaan digital dan start-up sebagai salah satu alternatif pembayaran.  Apakah kamu pernah menggunakan paylater atau justru kamu pengguna setianya? Seperti dua sisi mata koin, paylater ini juga bisa mempengaruhi kondisi keuangan kamu, Iho!

Keuntungan

Penggunaan paylater memang mengundang banyak peminat karena proses yang cepat dan praktis. Selain itu penawaran dan promosi yang diberikan juga menarik. Dengan variasi jatuh tempo yang beragam, paylater juga menjadi andalan ketika kamu membutuhkan sesuatu pada kondisi yang mendesak.

Kerugian

Meski memiliki beberapa keuntungan, jika tidak bijak menggunakannya kamu justru bisa merugi. Dengan adanya paylater, kamu jadi kebiasaan berhutang dan ada risiko impulsif buying. Dari dua hal tersebut, bisa mengganggu cash flow mu menjadi berantakan.

Oleh karena itu, sebelum menggunakan paylater kamu harus pastikan beberapa hal seperti kesadaran diri bahwa paylater itu adalah hutang yang harus dibayar. Tentukan limit transaksi paylater setiap bulannya agar tidak over budget. Buatlah perencanaan keuangan yang baik dan ketahui pemasukan dan pengeluaran kamu setiap bulannya. 

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 12% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut