4 Langkah Mempersiapkan Dana Darurat untuk Bisnis

0
1335

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia mengingatkan kita betapa pentingnya memiliki dana darurat. Apalagi, bagi para pemilik bisnis atau pengusaha. Dana darurat merupakan dana simpanan yang likuid dan bisa ditarik dengan cepat ketika bisnis membutuhkannya. Pos dana darurat harus berdiri sendiri alias terpisah dari dana operasional sehari-hari.

Berikut ini beberapa langkah untuk mempersiapkan kebutuhan dana darurat untuk bisnis kamu.

1. Tentukan Jumlah yang Dibutuhkan

Kalkulasikan jumlah modal kerja yang kamu butuhkan untuk bisnis seandainya bisnismu tak bisa beroperasi selama sebulan. Angka tersebut adalah targetmu untuk simpanan dana darurat.

2. Siapkan Akun Khusus Penyimpanan Dana Darurat

Pisahkan akun untuk penyimpanan dana darurat dengan rekening operasional bisnismu. Buatlah rekening baru khusus untuk dana darurat. Usahakan platform yang kamu pilih untuk penyimpanan dana darurat ini memiliki karakteristik cepat dan mudah penarikannya.

3. Rutin Mengisi Saldo Dana Darurat

Saat bisnis berjalan normal, rutinlah melakukan top up di saldo dana daruratmu. Tentukan setiap minggu atau bulannya, berapa yang bisa kamu sisihkan dari pemasukan untuk dialokasikan ke saldo dana darurat.

4. Pertimbangkan Alternatif Sumber Pendanaan

Jika danamu tidak mencukupi untuk melewati kondisi darurat, cobalah melihat peluang pendanaan yang tersedia. Mulai dari perbankan, fintech P2P Lending, bantuan pemerintah, hingga teman atau keluarga. Apa pun yang kamu kamu pilih selalu cek kemampuan finansialmu, jaminan legalitas serta gunakan sesuai peruntukannya.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected].