Kenali Khasiat Bawang Putih untuk Kesehatan

0
814

Bawang putih telah digunakan oleh manusia sejak ribuan tahun lalu. Tanaman yang berasal dari Asia Tengah ini telah menyebar ke seluruh dunia dan menjadi bumbu wajib untuk beragam masakan di berbagai negara, termasuk Indonesia. 

Selain sebagai bumbu yang menyedapkan makanan, bawang putih juga punya khasiat untuk kesehatan. Bahkan, di Libanon, bawang putih sejak lama digunakan sebagai resep diet. Apa saja kandungan pada bawang putih yang berkhasiat untuk kesehatan kita?

  • Vitamin

Bawang putih menyimpan vitamin C yang berperan untuk daya tahan tubuh, anti-oksidan, penghasil kolagen, perbaikan jaringan sel-sel tubuh, dan penyerapan zat besi. Vitamin lainnya yang juga banyak tersimpan di bawang putih adalah vitamin B, khususnya B9 dan B6 yang punya peran kunci dalam metabolisme, produksi sel darah merah serta fungsi saraf. 

  • Potasium

Kandungan potasium pada bawang putih membantu untuk mengoptimalkan fungsi berbagai bagian tubuh, seperti ginjal, otot, hingga peredaran darah dan fungsi saraf. 

  • Quercetin

Quecertin adalah pigmen pada tanaman dengan flavonoid antioksidan yang kuat. Bawang putih termasuk jenis tanamannya memiliki konsentrat quecertin cukup tinggi. Sebagai flavonoid antioksidan, quecertin memiliki sifat anti-inflammatory yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, termasuk tekanan darah tinggi. Bahkan, sebuah penelitian di Iran memperlihatkan bawang putih dan perasan lemon dapat menurunkan kadar kolesterol LDL pada penderita kolesterol tinggi. 

  • Alisin 

Alisin adalah senyawa antibakteri yang terdapat pada bawang putih segar. Alisin ini pula yang memunculkan aroma khas ketika bawang putih dicacah atau dikeprek. Selain antibakteri, alisin juga menunjukkan aktivitas antijamur, antivirus dan antiprotozoa.  

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected].