Tertarik Jadi Entrepreneur, Simak 4 Rekomendasi Buku Ini

0
1653

Setiap tanggal 17 Mei, Indonesia memperingati Hari Buku Nasional. Nah, kali ini Akseleran mau berbagi rekomendasi empat buku yang menarik untuk kamu yang tertarik menjadi seorang entrepreneur. Yuk, simak ulasannya. 

1. Zero to One Membangun Startup Masa Depan

Penulis: Peter Thiel

Peter Thiel merupakan seorang pengusaha dan investor berkebangsaan Amerika Serikat. Peter adalah salah satu pendiri PayPal dan Palantir, termasuk dalam jajaran investor luar pertama Facebook, serta penanam modal di SpaceX dan LinkedIn. Peter Thiel juga mendirikan Thiel Fellowship yang memotivasi kaum muda untuk memprioritaskan belajar daripada menempuh pendidikan formal.

Buku yang pertama kali terbit tahun 2014 ini memaparkan gagasan Peter Thiel dalam membangun bisnis. Menurutnya mendirikan bisnis berarti menciptakan sesuatu yang baru. Memang, meniru lebih mudah dibandingkan membuat sesuatu yang baru. 

Namun, mengerjakan sesuatu yang kita sudah ketahui caranya, hanya akan menambah deretan sesuatu yang sudah ada. Sesuatu yang sudah biasa. Peter mengistilahkannya dengan bergerak horisontal dari 1 ke -n. Berbeda halnya setiap kali seseorang menciptakan sesuatu yang baru, maka ia akan melakukan lompatan vertikal karena berangkat dari nol (0) ke satu (1). Lewat buku ini, Thiel membeberkan caranya kepada pembaca. 

2. Entrepreneurial You: Monetize Your Expertise, Create Multiple Income Streams, and Thrive

Penulis: Dorie Clark

Saat ini tren di dunia kerja semakin mengarah pada kewirausahaan dan konsep ekonomi bekerja dari mana saja. Hal ini bisa menjadi dorongan yang membebaskan. Banyak pekerja yang bercita-cita memulai bisnisnya sendiri dengan menjadi konsultan atau pekerja lepas, juga mengembangkan bisnis sampingan. 

Namun, yang menjadi pertanyaan terbesar ketika memikirkan untuk melakukan lompatan besar dan meninggalkan status karyawan adalah bagaimana cara untuk benar-benar menghasilkan uang dengan melakukan sesuatu yang disukai. Kamu mungkin punya bakat dan ide baru, namun menemukan cara untuk memulai, membangun reputasi di zona baru, sampai mengatur arus kas bisa jadi tantangan tersendiri. 

Melalui bukunya, Dorie Clark, yang merupakan seorang entrepreneur dan penulis sukses, memberikan jawaban untuk kegalauan tersebut. Lewat buku ini, Dorie Clark menyediakan cetak biru untuk kebebasan profesional. 

Dorie memaparkan gagasan dan saran untuk membangun brand, cara memonetisasi keahlian serta memperluas jangkauan dan dampak bisnismu secara online. Buku ini juga membagikan kisah para entrepreneur dari berbagai kalangan, mulai dari konsultan, podcaster, blogger hingga online marketer. 

3. Will It Fly?

Penulis: Pat Flynn

Buku laris versi Wall Street Journal ini bakal memandu kamu untuk melangkah hati-hati dalam memulai bisnis. Melalui buku ini, Pat Flynn yang memiliki nama besar sebagai pakar kewirausahaan menawarkan saran praktis dan konkrit mengenai cara menguji ide bisnis. Hal ini perlu dilakukan untuk memastikan bisnismu layak, realistis dan punya potensi profit. 

Ada lima tahap berbeda yang disampaikan dalam buku ini. Pertama, memastikan ide bisnismu sejalan dengan tujuanmu. Kedua, menganalisis idemu secara detail, yang mungkin belum terpikirkan sebelumnya. Ketiga, menilai pasar untuk ide bisnismu. Keempat, menguji idemu. Kelima, menentukan apakah ini saatnya mengeksekusi idemu atau kembali lagi ke garis awal dan merancang ulang strategi.    

4. Berani Jadi Pengusaha, Sukses Usaha dan Raih Pinjaman

Penulis: Thomas Arifin

Dalam perjalanan karirnya sebagai seorang bankir selama tiga puluh tahun, Thomas Arifin telah bertemu dan berkenalan dengan beragam pengusaha. Sepanjang itu pula ia telah mengamati berbagai keberhasilan maupun kegagalan yang dialami para pengusaha. 

Buku ini mendokumentasikan pengalaman, pengetahuan serta pengamatan Thomas Arifin yang dapat memandu serta membantu para pengusaha lebih berani melihat peluang dan melangkah menuju sukses. Beberapa hal yang diangkat dalam buku ini antara lain tentang riset pasar, rencana usaha, meraih pinjaman hingga restrukturisasi usaha dan inovasi.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp 100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected].