4 Franchise Lokal yang Eksis Sampai Mancanegara

0
101
4 Franchise Lokal yang Eksis Sampai Mancanegara

Bisnis franchise tau bisnis waralaba adalah salah satu skema usaha yang populer di Indonesia. Menurut Permendag No. 71 Tahun 2019 franchise sendiri merupakan hak khusus yang dimiliki oleh orang perseorangan atau badan usaha terhadap sistem bisnis dengan ciri khas usaha dalam rangka memasarkan barang dan/atau jasa yang telah terbukti berhasil dan dapat dimanfaatkan dan/atau digunakan oleh pihak lain berdasarkan Perjanjian Waralaba.

Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) menyebutkan bahwa setidaknya ada 450 merek franchise asing yang masuk ke pasar dalam negeri. Namun di balik hal itu, ternyata banyak juga franchise lokal yang juga sudah menjelajah ke mancanegara dan mampu bersaing di pasar internasional. Apa saja merk franchise tersebut?

1. J.Co Donuts

Banyak yang belum mengetahui bahwa mengira J.Co Donuts merupakan franchise asal Indonesia. Padahal, brand ini adalah UKM lokal milik Johnny Andrean yang kini telah sukses membuka ratusan gerai di Indonesia. Tak hanya sukses di dalam negeri, J.Co Donuts juga melebarkan sayap mendunia dengan memiliki  20 gerai di Filipina, 11 gerai di Malaysia, 4 gerai di Singapura, dan masing-masing 1 gerai di Tiongkok & Arab Saudi.

2. Alfamart

Siapa yang tidak tahu minimarket Alfamart? Per Desember 2020, tercatat 17.538 gerai total jumlah gerai reguler dan franchise Alfamart di Indonesia. Keberadaannya yang sangat populer di Indonesia ini mendorong Alfamart untuk melakukan ekspansi global. Pada 2014, Alfamart mulai membuka bisnis ke Manila, Filipina dan hingga saat ini gerai mereka pun terus berkembang.

3. Kebab Baba Rafi

Makanan yang diadaptasi dari makanan khas Turki ini cukup populer di dalam negeri. Dari kesuksesan tersebut, UKM ini akhirnya memutuskan untuk bersaing di mancanegara dengan memilih Malaysia sebagai negara pertama pada tahun 2009. Hingga saat ini Kebab Baba Rafi telah membuka cabang di Filipina, Tiongkok, Sri Lanka, Singapura, Brunei Darussalam, hingga Belanda. Tak heran jika Kebab Baba Rafi pun digadang-gadang sebagai franchise kebab terbesar di dunia.

4. CFC

Terakhir, produk franchise lokal yang mengepakan sayap di kancah internasional adalah California Fried Chicken. Tak main-main, hingga kini jumlah cabang CFC sudah mencapai ratusan termasuk di Malaysia, Singapura, dan Tiongkok.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut