Mind Mapping Adalah: Definisi, Cara Membuat dan Teori Pendukungnya

1
679
Mind Mapping Adalah

Mind mapping adalah salah satu teknik pemetaan ide yang populer. Metode ini dianggap bisa memaksimalkan seluruh potensi otak dan membantu orang untuk meningkatkan daya ingatnya. Di sisi lain, mind mapping juga memudahkan dalam proses pencatatan karena hanya perlu menuliskan kata kunci sebagai poin-poin pentingnya. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan seputar definisi mind mapping, apa saja teori yang mendukung metode tersebut, serta bagaimana cara membuatnya. 

Definisi Mind Mapping Adalah 

Menurut Tony Buzan, mind mapping adalah teknik yang dipakai untuk mengembangkan kemampuan berpikir, yang pada awalnya hanya mengacu pada satu arah saja. Namun, Buzan menilai mind mapping telah dikembangkan menjadi ke berbagai arah dan membuka peluang untuk menerima beragam ide dari berbagai sudut pandang.

Pandangan lain tentang definisi mind mapping juga disampaikan oleh Caroline Edward. Dalam pemaparannya, Caroline menjelaskan bahwa mind mapping adalah cara yang dianggap paling efektif dalam mengeluarkan ataupun memasukkan beragam informasi ke otak. Pada dasarnya, sistem ini dinilai sebagai sistem kerja alami di tubuh manusia. Oleh karenanya, banyak ahli percaya bahwa potensi dan kapasitas otak bisa dioptimalkan lewat sistem mind mapping. 

Penjabaran soal mind mapping juga dijelaskan oleh Melvin L. Silberman. Menurutnya, mind mapping adalah cara berpikir kreatif yang dilakukan oleh para murid ketika mereka berusaha menghasilkan berbagai ide dalam pelajaran yang sedang dipelajarinya. Pengaplikasian dari cara berpikir kreatif tersebut bisa terlihat pada aktivitas seperti perencanaan yang dibuat murid saat hendak melakukan penelitian baru, atau ketika mencatat suatu pelajaran.

Cara Membuat Membuat Mind Mapping 

Tertarik untuk membuat mind map? Caranya mudah, kok. Cukup sediakan secarik kertas berukuran besar atau papan tulis, dan alat tulis. Sebaiknya, gunakan media berbentuk landscape untuk memudahkan dalam membuat mind map. Setelah itu, ikuti beberapa langkah di bawah ini.

Pilih tema untuk mind map Anda

Pada tahap pertama, Anda perlu menentukan apa tema besar atau konsep utama yang ingin dipakai untuk membuat mind map. Tuliskan tema besar itu di tengah-tengah kertas atau papan tulis sehingga Anda bisa mengisi area yang kosong dengan cabang lain. Namun, jika media yang Anda pakai untuk membuat mind map berbentuk vertikal, tulis tema utama di sisi paling atas. Setelah itu, buat cabang-cabang berikutnya dengan posisi menurun ke bawah. 

Tentukan sub-tema berikutnya

Kembangkan tema besar yang sudah dipilih dengan membuat garis cabang baru yang berisi tema turunan. Kemudian, tuliskan kata kunci baru sebagai turunan dari tema turunan yang sudah dibuat. Teruskan membuat cabang sampai Anda merasa semua ide sudah tercatat sepenuhnya di mind map

Gunakan warna berbeda untuk membuat mind map tampak menarik

Untuk memaksimalkan mind map Anda, gunakan warna-warna yang berbeda saat membuat garis cabang. Contohnya saja, jika Anda menulis tema utama marketing dengan spidol berwarna merah, buat sub-temanya dengan warna hijau. Apabila kesulitan menemukan spidol warna, Anda juga bisa memanfaatkan stiker atau post-it untuk membedakan tema dan sub-tema. 

Tambahkan gambar agar terlihat makin menarik

Selain memanfaatkan spidol warna-warni, Anda bisa membantu otak untuk mengasosiasikan setiap sub-tema dengan bantuan gambar. Sebagai contoh, alih-alih menulisnya dalam bentuk kata-kata, Anda bisa membuat gambar untuk menggantikannya. 

Teori Pendukung Mind Mapping 

Setelah mengetahui cara membuat mind map yang menarik, berikut ini beberapa teori yang mendukung metode tersebut.

Teori Piaget

Menurut teori ini, wawasan dan ilmu berasal dari perkembangan kognitif seseorang yang bergantung pada seberapa jauh ia aktif berinteraksi dengan lingkungan. Teori Piaget tentunya sejalan dengan mind mapping karena metode tersebut membantu individu untuk belajar berbagai konsep melalui pengalamannya. 

Baca juga: Kenali 4 Gaya Belajar Menurut Neil Fleming

Teori Vygotsky

Seperti mind mapping, teori Vygotsky juga menekankan bahwa seseorang membentuk suatu pengetahuan dari pengalaman yang ditemukan sendiri di lingkungannya. Karenanya, teori ini menegaskan bahwa pengetahuan awal sangat berpengaruh terhadap proses belajar setiap individu. 

Teori David Ausebel

Dalam teori ini juga disebutkan bahwa belajar hanya akan terasa bermakna apabila siswa menyusun semua informasi yang diterimanya secara terstruktur.

Itulah ulasan seputar metode mind mapping. Karena mind mapping adalah salah satu teknik pencatatan informasi yang efektif, yuk mulai buat mind map untuk mengembangkan ide-ide kreatif Anda. 

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]