Kenali 3 Tipe Akun yang Bisa Digunakan di Instagram

0
2846
Kenali 3 Tipe Akun yang Bisa Digunakan di Instagram

Bagi para pegiat media sosial, tentu sudah tidak asing lagi dengan platform yang satu ini. Bagaimana tidak, di Indonesia sendiri total pengguna aplikasi Instagram terus mengalami peningkatan sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2010. Dilansir dari dataindonesia.id, Indonesia memiliki 99,9 juta pengguna aktif bulanan Instagram pada April 2022.

Dengan terus bertambahnya pengguna, Instagram terus berinovasi untuk dapat memenuhi kebutuhan penggunanya. Jika di awal berdirinya Instagram hanya memiliki 2 jenis akun yaitu pribadi dan publik, saat ini mereka memiliki 3 tipe akun yang bisa digunakan, antara lain akun personal, akun kreator, dan akun bisnis. Untuk lebih jelasnya, simak perbedaan dari ketiga tipe akun berikut ini.

1. Akun Personal

Akun personal merupakan jenis akun dasar ketika pengguna mendaftar di Instagram pertama kali. Tujuan akun ini adalah untuk kebutuhan personal yang dapat digunakan secara gratis, maka jenis akun ini sangat cocok untuk kamu yang membuat akun Instagram hanya untuk membagikan hal yang kamu suka.

Kelebihan dari akun personal adalah kamu bisa mengatur akun menjadi privat atau publik. Kamu juga masih bisa menikmati semua fungsi dasar yang ditawarkan Instagram. Karena hanya diperuntukan untuk kebutuhan pribadi, tipe akun personal memiliki beberapa kekurangan seperti tidak memiliki fitur insight dan analitik, juga tidak ada fitur monetisasi.

2. Akun Kreator

Jenis akun yang satu ini dibuat untuk mereka yang memproduksi konten sendiri seperti artis dan influencer. Akun ini memiliki fitur yang lebih lengkap dibandingkan dengan akun personal dengan tujuan mendukung para pembuat konten untuk lebih mudah berkreasi.

Terdapat beberapa fitur unggulan yang ditawarkan untuk para kreator melalui akun ini seperti adanya fitur insight dan analitik, dan akses yang tidak terbatas pada fitur reels. Meski begitu, kekurangan dari akun kreator adalah terbatasnya pilihan button Call to Action.

3. Akun Bisnis

Akun bisnis adalah akun yang diperuntukan bagi pelaku bisnis karena memungkinkan mereka untuk meningkatkan brand awareness rasio konversi dengan memanfaatkan marketing tool Instagram. Baik usaha skala kecil maupun merk dagang besar dapat memasarkan produknya melalui Instagram.

Beberapa fitur yang bisa dimanfaatkan melalui akun bisnis adalah data analisa traffic, Call to Action, fitur penjadwalan dengan 3rd party tools, dan dapat menampilkan deskripsi lengkap mengenai usaha dan kontak. Kekurangan dari tipe akun yang satu ini adalah fitur musik yang terbatas dan tidak selengkap akun kreator.

Ketiga tipe akun di Instagram ini memiliki perbedaan dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kamu bisa menimbang terlebih dahulu mana akun yang dapat memenuhi kebutuhanmu saat ini.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut