Waspada Penipuan Berkedok Kurir Paket

0
340
Waspada Penipuan Berkedok Kurir Paket

Di era serba digital ini para pelaku kejahatan siber sudah semakin canggih seperti tidak mau ketinggalan zaman. Sebagai pengguna ponsel pintar, kita harus lebih berhati-hati dalam menyaring informasi dan mempercayai sumber.

Seperti yang terjadi baru-baru ini mengenai penipuan dari pihak yang mengaku kurir paket.  Berawal dari unggahan Evan Abu Muhammad melalui laman instagramnya yang memperlihatkan screenshot WhatsApp antara pelaku dan korban. Pelaku berpura-pura menjadi kurir yang hendak mengantar paket. Pelaku kemudian mengirimkan tautan yang seolah-olah terlihat seperti foto bukti paket biasa untuk meyakinkan korbannya.

Tautan tersebut berisi aplikasi berbahaya berjenis RAT (remote access trojan) yang dimana aplikasi tersebut kabarnya merupakan aplikasi berjalan untuk OS Android. File dengan ekstensi APK ini dapat membocorkan informasi pribadi dan mengontrol ponsel dari jarak jauh tanpa sepengetahuan pemilik ponsel. Jika korban terlanjur menekan file tersebut, pelaku bisa dengan mudah bahkan dapat mengakses berbagai aplikasi keuangan dan menguras saldo tanpa diketahui oleh korban.

Waspadalah jika suatu saat kamu mendapati orang tak dikenal mengirimkan file atau APK tersebut, jangan langsung mengklik file tersebut demi keamanan data yang kamu miliki.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut