10 Contoh Usaha Kecil Menengah yang Menguntungkan

0
2237
Usaha Kecil Menengah

UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) merupakan roda penggerak perekonomian Indonesia. Bahkan hampir 60 persen PDB negara ini berasal dari UMKM. Nah, buat kamu yang kebetulan sedang mencari ide usaha kecil menengah yang menjanjikan keuntungan, berikut beberapa peluang yang bisa kamu eksplor.

1. Kuliner

Kuliner merupakan sektor bisnis yang tak akan pernah mati. Jenis usaha kuliner yang bisa dirintis pun juga sangat beragam. Misalnya saja warmindo, angkringan, dan masih banyak lagi. Modal awal yang dibutuhkan relatif kecil. Terlebih lagi, kini sudah ada layanan pesan-antar makanan online yang membuat bisnis kuliner semakin mudah berkembang.

2. Pakaian

Bisnis pakaian juga termasuk menjanjikan karena pakaian termasuk kebutuhan primer. Kamu bisa menjual produk dari merek-merek ternama atau bahkan membuat brand fashion sendiri. Kalau modal terbatas, kamu bisa memulai bisnis dengan sistem dropship atau reseller. Meski modalnya kecil, peluang profitnya cukup menggiurkan, lho.

3. Otomotif

Ada banyak contoh UMKM di bidang otomotif yang menjanjikan keuntungan besar. Di antaranya seperti jual beli kendaraan, jual beli suku cadang, bengkel otomotif, rental kendaraan, dan lain sebagainya. Bisnis ini termasuk relatif potensial karena rata-rata pertumbuhan kendaraan bermotor di Indonesia mencapai 5,3 persen per tahun.

4. Agribisnis

Agribisnis adalah jenis usaha di bidang peternakan dan pertanian yang akan terus dibutuhkan oleh masyarakat. Bahkan tak jarang pengusaha agribisnis berhasil mengekspor produk-produknya ke luar negeri. Contoh usaha di bidang ini adalah bisnis hidroponik, budidaya tanaman hias, penjualan bibit unggul, ternak ayam potong, pengolahan limbah, dan lain sebagainya.

5. Produk Kreatif

Produk kreatif yang dimaksud di sini adalah kerajinan tangan yang memiliki nilai jual cukup tinggi. Peluang usahanya pun cukup beragam, mulai dari aksesoris hingga ornamen hunian. Di Indonesia sendiri sudah banyak sekali usaha kecil menengah di bidang ini. Contohnya perajin rotan, gerabah, perajin bambu, dan perajin kayu.

6. Pendidikan

Bidang pendidikan juga memberikan peluang yang menggiurkan untuk merintis usaha. Tempat kursus, bimbingan pelajar, hingga pelatihan tatap muka, semuanya akan terus dicari oleh pelajar maupun umum. 

Untuk memulai usaha di bidang ini, modal utama yang kamu perlukan bukanlah uang, melainkan keterampilan atau keahlian. Misal kamu ahli di bidang Bahasa Inggris, kamu bisa memanfaatkan kemampuanmu ini untuk membuka jasa penerjemahan.

7. Tur dan Travel

Tur dan travel adalah sektor bisnis yang menguntungkan, khususnya di daerah-daerah pariwisata. Kamu bisa menawarkan paket tour lengkap atau akomodasi, seperti homestay, guest house, vila, dan lain sebagainya. Kalaupun modalnya terbatas, kamu masih bisa merintis usaha di bidang ini. Contohnya seperti membuat oleh-oleh berupa cendera mata atau makanan khas.

Baca juga: Solo Trip vs Open Trip: Mana Gaya Liburanmu?

8. Kecantikan

Kecantikan merupakan salah satu sektor bisnis yang kini sedang banyak diminati masyarakat. Coba perhatikan saja merek-merek perawatan wajah dan make up yang laris manis di pasar Indonesia. Potensi bisnis di bidang kecantikan bisa dibilang sangat besar. 

Walaupun kamu tidak memiliki produk sendiri, masih banyak peluang usaha kecil menengah di bidang ini yang bisa kamu rintis. Di antaranya seperti salon, makeup artist, bisnis perawatan rambut, spa, dan lain sebagainya. 

9. Fotografi dan Videografi

Mayoritas orang memang sudah memiliki smartphone dengan kamera yang bisa menghasilkan foto dan video berkualitas. Meski demikian, jasa fotografi dan videografi akan selalu dicari. Biasanya, jasa ini dibutuhkan untuk mengabadikan momen-momen penting, seperti pre wedding, wisuda, pernikahan, dan masih banyak lagi.

10. Teknologi Internet

Teknologi dan internet telah dan akan terus memberikan banyak peluang usaha. Berkat adanya kemajuan teknologi, bisnis UMKM dan UKM pun bisa menjadi jauh lebih berkembang. Namun, internet sendiri juga bisa menjadi ladang usaha. Di bidang media online misalnya, kamu bisa menjadi YouTuber, podcaster, blogger, atau TikToker yang sekarang sedang ngetrend.

Nah, itu tadi sepuluh contoh usaha kecil menengah yang bisa kamu eksplor. Memulai usaha tak selalu harus dengan modal besar. Banyak usaha dengan potensi keuntungan besar yang bisa kamu rintis dengan modal kecil. Kuncinya adalah melihat peluang yang ada dan selalu konsisten. Semoga bermanfaat.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].