3 Penyebab Kinerja Menurun Ketika Bekerja

0
182
3 Penyebab Kinerja Menurun Ketika Bekerja

Performa seorang karyawan adalah faktor penting dalam setiap perusahaan. Tentunya memiliki kinerja yang sangat baik dapat mempermudah untuk membawa perusahaan ke level yang lebih baik. Namun mungkin ada fase dimana kamu mengalami penurunan kinerja ketika bekerja sehingga memperlambat pekerjaan, meskipun telah berusaha semaksimal mungkin. Jika hal ini terjadi, kamu harus mencari tahu faktor-faktor yang mempengaruhinya. 

Berikut ini adalah beberapa faktor yang mungkin menjadi penyebab kinerja menurun ketika bekerja yang perlu kamu perhatikan:

1. Multitasking

Tindakan multitasking adalah kebiasaan yang sering dilakukan di tempat kerja. Namun, apakah kamu tahu bahwa multitasking dapat mengurangi produktivitas kamu hingga 40%? Ini disebabkan oleh fakta bahwa otak manusia tidak dapat fokus pada dua tugas yang berbeda secara bersamaan. Hasilnya, kualitas pekerjaan kamu bisa menurun dan mempengaruhi produktivitas kamu secara keseluruhan.

2. Kelelahan

Kamu mungkin merasa bahwa kamu dapat menghemat waktu dengan tidur kurang dari waktu yang dianjurkan. Namun, menurut survei yang dilakukan oleh Philips Global Sleep Survey pada tahun 2019, 62% orang dewasa di seluruh dunia dikatakan bahwa mereka tidak memiliki kualitas tidur yang baik. Kurang tidur akan membuat kamu merasa lebih lelah dan cenderung sulit berkonsentrasi di tempat kerja.

Studi lainnya menunjukkan bahwa kelelahan juga dapat mempengaruhi tingkat fungsi kognitif pada otak termasuk ingatan, fokus dan kinerja. Oleh karena itu, pastikan kamu mendapatkan waktu tidur yang cukup untuk menjaga kinerja kamu tetap optimal.

3. Overthinking

Overthinking adalah kebiasaan memikirkan suatu hal secara berlebihan atau berulang-ulang. Ternyata, overthinking menjadi salah satu pemicu menurunnya produktivitas dalam bekerja. Menurut penelitian, memikirkan pikiran yang sama secara berulang dapat meningkatkan risiko individu mengalami kondisi kesehatan mental tertentu.

Hal ini dapat mengganggu fokus kamu dan membuat kamu sulit berkonsentrasi pada tugas yang sedang dikerjakan. Cara mengurangi overthinking adalah berhenti sejenak, refleksikan diri atas masalah yang dihadapi dan fokus pada solusi. Jangan biarkan pikiranmu mempengaruhi kinerja kamu di tempat kerja.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut