18+ Jurusan Kuliah yang Paling Diminati dan Potensial di Tahun 2023

1
6048
Jurusan Kuliah

Bagi para pelajar yang sedang duduk di kelas 12 SMA, tentunya Anda sedang memikirkan matang-matang akan melanjutkan kuliah di mana dan masuk jurusan apa. Memilih jurusan kuliah memang cukup krusial, mengingat ini bisa menjadi potensi karier di masa depan.

Salah pilih jurusan kuliah juga bisa berisiko membuat seseorang jadi enggan melanjutkan studi, bahkan tak jarang berakhir DO. Nah, untuk Anda yang hendak melanjutkan ke bangku perguruan tinggi, tentunya haruslah memiliki pertimbangan yang matang terkait dengan bagaimana prospek jurusan yang hendak jadi tujuan. 

Tapi, apa saja sih, jurusan kuliah yang saat ini cukup potensial bersaing di industri kerja? Kami akan memberikan daftar jurusan kuliah yang punya banyak peminat dan punya potensi yang bagus dalam hal prospek pekerjaan ke depannya. Jadi, baca artikel ini sampai habis ya.

Daftar Jurusan Kuliah di Indonesia yang Banyak Diminati

Ada banyak sekali jurusan kuliah di Indonesia yang kini kian melejit popularitasnya. Meski kategori jurusan kuliah termudah atau jurusan kuliah terbaik cukup relatif, namun daftar berikut cukup potensial untuk Anda pertimbangkan.

1. Ilmu Komputer

Pertama, mari kita membahas mengenai salah satu jurusan kuliah IPA yang punya peminat besar ini. Jurusan komputer ini sangat potensial dalam hal prospek kerja. Apalagi di era digital ini, tentunya tenaga untuk pekerja dalam bidang IT jadi salah satu bidang yang sangat dibutuhkan industri apa pun. 

Gelar sarjana : S.Kom.

Rekomendasi universitas : ITB, ITS, UI, UB, Telkom University, BINUS.

2. Teknik Informatika

Teknik informatika adalah bidang yang serupa dengan ilmu komputer. Hanya saja, memang fokusnya lebih ke bagaimana praktik di lapangan dan problem solving akan hal tersebut. Ranah pekerjaannya pun juga tak berbeda jauh dengan ilmu komputer.

Gelar sarjana : S.Kom.

Rekomendasi universitas : ITB, ITS, Unpad, UNY, Unhas.

3. Teknik Industri

Jika bicara mengenai jurusan teknik apa yang bisa fleksibel untuk bisa masuk ke berbagai bidang, maka teknik industri bisa jadi salah satu pilihan. Fokus studi dari jurusan ini cenderung menggabungkan penerapan dari ilmu alam serta ilmu sosial dalam ranah industri. 

Gelar sarjana : S.T.

Rekomendasi universitas : ITB, ITS, UI, UGM, Undip, UII, Universitas Trisakti.

4. Kedokteran

Sudah tak perlu kita pertanyakan lagi terkait dengan bagaimana prospek dari ilmu kedokteran. Tetapi, bila mengambil kedokteran, artinya Anda harus menempuh studi yang lebih lama untuk spesialis, agar bisa mendalami bidang yang lebih spesifik. 

Gelar sarjana : S.Ked

Rekomendasi universitas : UI, Unair, UGM, Unpad, Undip, UNS, UPH, Univ. Trisakti, Univ. YARSI.

5. Teknik Mesin

Berbagai industri, khususnya yang berkaitan dengan produksi atau manufaktur, tentunya memerlukan lulusan teknik mesin. Dengan begitu, artinya prospek kerjanya juga terbuka. Apalagi teknologi yang semakin berkembang dan produksi juga tak bisa dilepaskan dari penggunaan mesin.

Gelar sarjana : S.T.

Rekomendasi universitas : UI, UGM, ITB, ITS, Undip, UB, UMM, UII, Untar, UP.

6. Teknik Elektro

Seperti teknik mesin, teknik elektro juga jadi salah satu jurusan teknik yang memiliki banyak peminat. Apalagi hal yang berkaitan dengan kelistrikan tentunya juga tidak bisa dilepaskan dari operasional sebuah perusahaan. Sehingga, prospek kerjanya juga cukup bagus. 

Gelar sarjana : S.T.

Rekomendasi universitas : ITB, UGM, UI, ITS, Undip, UB, ITS, Telkom.

7. Teknik Perminyakan

Universitas yang menyediakan bidang studi ini memang tidak banyak. Tetapi lulusannya juga sangat dicari perusahaan yang bergerak dalam bidang energi. Tak cuma itu, gaji yang ditawarkan juga tergolong besar. 

Gelar sarjana : S.T.

Rekomendasi universitas : ITB, UPN Yogyakarta, Trisakti, Univ. Pertamina, Akamigas Balongan, PEM Akamigas.

8. Teknologi Pangan

Teknologi pangan adalah jurusan yang memiliki fokus dalam pengembangan pangan. Tentunya, sektor ini adalah hal yang sangat penting bagi kehidupan manusia dan punya potensi pekerjaannya tersendiri. 

Gelar sarjana : S.T.P.

Rekomendasi universitas : ITB, UGM, UB, Unhas, USU, Unpad, UMM, Binus.

9. Farmasi

Jurusan yang berkaitan dengan obat-obatan ini juga tergolong memiliki peminat yang banyak dalam setiap tes perguruan tinggi. Sebab, obat juga jadi salah satu hal yang dibutuhkan dalam dunia kesehatan. 

Gelar sarjana : S.Farm

Rekomendasi universitas : UGM, Unair, ITB, UI, UMS, UAD, USD.

10. Akuntansi 

Jurusan kuliah IPS juga memiliki banyak potensi Akuntansi selalu bertengger sebagai jurusan yang memiliki banyak peminat dari tahun ke tahun. Sebab, perusahaan mana sih, yang tidak membutuhkan tenaga akuntan dalam urusan keuangannya?

Gelar sarjana : S.Ak

Rekomendasi universitas : UI, UGM, Unair, Undip, Unpad, UNS, UB, UPI, Binus, Trisakti.

11. Manajemen

Selain jurusan akuntansi, manajemen juga jadi salah satu yang punya peminat tinggi. Bidang dari manajemen ini juga bisa masuk ke berbagai ranah pekerjaan sehingga peluang kerjanya besar.

Gelar sarjana : S.M.

Rekomendasi universitas : UI, UGM, Unair, Undip, Unpad, UNS, UB, UPI, Binus, Trisakti.

12. Ilmu Komunikasi

Beberapa tahun terakhir, jurusan ini menjadi naik daun. Bidangnya sendiri sangat luas dan banyak perusahaan yang membutuhkannya. Baik itu dalam hal hubungan masyarakat, pemasaran, maupun untuk memproduksi konten digital dalam ranah industri kreatif dan media.

Gelar sarjana : S.Ikom

Rekomendasi universitas : UI, UGM, Unpad, Unair, Undip, UNS, UB, LSPR, Binus, Telkom, UAJY, UII, UMN.

13. Administrasi Bisnis

Jurusan ini punya peluang besar dengan banyaknya perusahaan yang membutuhkan lulusan dari administrasi bisnis. Karena bisnis adalah sebuah tujuan utama dari suatu perusahaan.

Gelar sarjana : S.Ab

Rekomendasi universitas : UI, Undip, UB, Unpad, USU, Telkom, UAJY, Unila.

14. Psikologi

Psikologi adalah jurusan ilmu sosial yang bisa bekerja sebagai HR di perusahaan. Selain itu, pastinya lulusannya juga bisa bekerja sebagai psikolog.

Gelar sarjana : S.Psi

Rekomendasi universitas : UI, UGM, Unair, UNS, UPI, Undip, UNS, UM, Unpad, Unand, Binus, UII. 

15. Hukum

Ilmu hukum adalah jurusan yang selalu punya peminat tinggi dengan daya tampung yang besar. Lulusannya bisa bekerja dalam dunia hukum di firma hukum atau bagian legal perusahaan.

Gelar sarjana : S.H

Rekomendasi universitas : UI, UGM, Undip, Unair, Unpad, UNS, USU, Binus, UII, Unpar, Trisakti.

Baca juga: Hukum Penawaran: Pengertian, Faktor, hingga Bunyinya

16. Desain Komunikasi Visual

Jangan pandang sebelah mata jurusan seni yang satu ini. Sebab, DKV juga dibutuhkan untuk kebutuhan branding dari perusahaan atau industri kreatif. Lulusannya juga bisa bekerja sebagai pekerja lepas dengan bayaran yang cukup besar.

Gelar sarjana : S.Ds

Rekomendasi universitas : ISI, ITB, ITS, IKJ, Trisakti, Telkom, Binus, Udinus, Untar.

17. Pendidikan

Tertarik menjadi guru? Maka pilihlah jurusan pendidikan. Tentunya, ranah pendidikan juga jadi salah satu yang tak lekang oleh zaman. Apalagi kini sekarang platform pendidikan juga semakin berkembang.

Gelar sarjana : S.Pd

Rekomendasi universitas : UNJ, UPI, Unnes, Unesa, UNY, USD, UAD, Uhamka.

18. Administrasi Publik

Dalam ranah ilmu sosial, administrasi publik juga jadi salah satu yang punya banyak peminat. Prospek kerjanya bisa dalam ranah pemerintahan, administrasi, atau bahkan menjadi konsultan.

Gelar sarjana : S.AP

Rekomendasi universitas : UI, UGM, Unair, Undip, Unsoed, Unpad, UB, Unhas, Unesa, Unas.

Kesimpulan

Jurusan kuliah memang harus Anda pertimbangkan dengan baik. Sebab hal tersebut sedikit banyaknya akan bisa berpengaruh terhadap masa depan Anda ke depannya. Selain itu, pilihlah universitas yang sekiranya memiliki reputasi baik, termasuk juga dari segi akreditasi jurusannya.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].

1 COMMENT

Comments are closed.