10 Negara dengan Tingkat Korupsi Tertinggi di Dunia

0
728
10 Negara dengan Tingkat Korupsi Tertinggi di Dunia

Korupsi merupakan masalah yang sangat serius di banyak negara di seluruh dunia, dan dapat mempengaruhi berbagai aspek kehidupan masyarakat seperti kesejahteraan, keamanan, keadilan, dan perekonomian. Transparency International, sebuah organisasi nirlaba global yang memantau korupsi di seluruh dunia, menyusun sebuah indeks yang dikenal sebagai Corruption Perceptions Index (CPI) untuk mengukur tingkat korupsi di suatu negara. CPI mengambil data dari berbagai sumber termasuk lembaga survei dan analisis bisnis.

Indikator yang digunakan untuk mengukur korupsi dalam CPI antara lain persepsi korupsi dalam sektor publik, tindak pidana korupsi, efektivitas undang-undang anti-korupsi, independensi lembaga pemerintah, dan transparansi dalam pengelolaan anggaran publik.

Berikut adalah 10 negara dengan tingkat korupsi paling tinggi di dunia menurut CPI 2021:

  1. Somalia (Skor CPI: 12)
  2. Suriah (Skor CPI: 13)
  3. Sudan Selatan (Skor CPI: 13)
  4. Venezuela (Skor CPI: 14)
  5. Yaman (Skor CPI: 16)
  6. Libya (Skor CPI: 17)
  7. Korea Utara (Skor CPI: 17)
  8. Haiti (Skor CPI: 17)
  9. Equatorial Guinea (Skor CPI: 17)
  10. Burundi (Skor CPI: 17)

Indonesia sendiri berada di urutan ke-110 dari 180 negara yang dinilai dengan skor CPI sebesar 34. Skor ini menurun 4 poin dari tahun sebelumnya. Negara dengan tingkat korupsi paling rendah menurut data CPI 2021 adalah Denmark dengan skor CPI sebesar 90, diikuti oleh Finlandia dan Selandia Baru dengan skor CPI sebesar 87.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut