Wajib Tahu Tentang Bank Digital

1
642
Bisnis Digital

Industri keuangan berkembang sejalan dengan laju perkembangan teknologi digital. Perbankan konvensional pun semakin mengedepankan fitur-fitur digital dalam layanannya. Masa depan bank digital di Indonesia bagai sudah di depan mata. Apalagi, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan menerbitkan aturan tentang ketentuan modal untuk bank digital pada pertengahan tahun 2021 ini.

Sebagai informasi, OJK bakal membagi dua jenis kelompok bank digital. Pertama, bank baru yang akan menjadi bank digital secara penuh. Dan kedua, bank konvensional yang transformasi menjadi bank digital. 

Kehadiran bank digital di sejumlah negara bukanlah sesuatu yang baru. Amerika Serikat, Australia, Korea Selatan, Jepang dan Singapura adalah beberapa contoh negara yang telah familiar dengan bank digital. Sebetulnya, apakah yang dimaksud dengan bank digital?

Bank digital adalah bank yang hadir secara online untuk memberikan pelayanan seperti perbankan pada umumnya, sehingga pengguna tidak perlu keluar rumah untuk bisa melakukan transaksi. Bank digital beroperasi sepenuhnya secara online tanpa infrastruktur fisik tunggal, seperti cabang bank. Nasabah bank digital dapat mengontrol keuangan mereka sepenuhnya melalui aplikasi yang bisa diakses dari smartphone atau komputer. 

Menurut OJK, perkembangan layanan perbankan digital didorong oleh hal-hal sebagai berikut:

  1. Perkembangan teknologi informasi yang pesat;
  2. Perubahan gaya hidup masyarakat sesuai perkembangan teknologi informasi;
  3. Adanya kebutuhan masyarakat terhadap layanan perbankan yang efektif, efisien, dapat diakses dari manapun dan kapanpun, komprehensif, serta mudah;
  4. Kompetisi industri perbankan untuk memberikan layanan sesuai dengan kebutuhan masyarakat; dan
  5. Kebutuhan perbankan terhadap operasional yang efisien dan terintegrasi.
Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp 100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

 

1 COMMENT

Comments are closed.