UMKM Sebagai Penyelamat Inflasi

0
465
UMKM Sebagai Penyelamat Inflasi

UMKM adalah tonggak perekonomian Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia yang 61,1% didapat dari UMKM, dan sisanya sebanyak 38,9% didapat dari pelaku usaha besar. Menurut data Kementerian Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah (KUKM) tahun 2018, jumlah pelaku UMKM sebanyak 64,2 juta atau 99,99% dari total jumlah pelaku usaha di Indonesia. Daya serap tenaga kerja UMKM adalah sebanyak 117 juta pekerja atau 97% dari daya serap tenaga kerja di Indonesia.

Alasan utama UMKM mampu bertahan dari krisis global dan menyelamatkan perekonomian Indonesia adalah karena UMKM tidak begitu bergantung dengan dolar, sehingga naik turunnya dolar tidak akan memengaruhi pergerakan UMKM. Alasan lain adalah karena UMKM bergerak pada sektor barang dan jasa yang menjadi kebutuhan masyarakat sehari-hari, dan sumber daya UMKM yang umumnya menggunakan supply dari lokal.

UMKM bahkan juga menyelamatkan Indonesia dari krisis moneter tahun 1998. Seperti yang sudah banyak diketahui, pada 1997-1998 terjadi krisis moneter di Indonesia yang ditandai dengan merosotnya sendi-sendi perekonomian termasuk perbankan.

Hal ini menyebabkan inflasi yang menyebabkan harga barang naik tajam secara tidak terkendali. Diawali dengan merosotnya nilai tukar rupiah akibat sistem devisa bebas yang tidak didukung oleh pengawasan yang memadai. Selain itu akumulasi utang luar negeri swasta juga menjadi salah satu faktor karena jumlahnya sangat besar, sehingga rupiah tidak bisa ditekan karena devisa yang tersedia tidak cukup untuk membayar utang tersebut beserta bunganya. Dari sisi perbankan juga memberi sinyal yang salah kepada pelaku ekonomi dengan membuat nilai rupiah terus-menerus melebihi semestinya, dan suku bunga rupiah yang tinggi. Kondisi ini juga dipengaruhi oleh situasi politik karena ketidakpastian menjelang Pemilu, serta aksi demo besar-besaran akibat kelangkaan bahan pokok.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut