Tips Sukses Cari Tempat Magang untuk Mahasiswa

1
134
Tips Sukses Cari Tempat Magang untuk Mahasiswa

Magang bisa dibilang merupakan salah satu hal krusial dalam dunia perkuliahan yang dilakukan oleh mahasiswa khususnya mereka yang berada di tingkat akhir. Pasalnya, melalui program ini seorang mahasiswa dapat melatih soft skill, hard skill, dan juga menambah pengalaman kerja yang akan berguna bagi keberlangsungan karir ke depan. Oleh karena itu, jangan sampai salah dalam memilih tempat magang yang sesuai dengan rencana karirmu ke depannya. Berikut ini adalah tips sukses mencari tempat magang yang akan membantumu dalam melangkah ke jenjang karir berikutnya.

1. Lakukan riset perusahaan

Sebelum kamu memulai magang, coba lakukan riset mengenai perusahaan atau tempat magang yang menjadi incaran. Dengan melakukan riset, maka kamu akan tahu mengenai latar belakang perusahaanmu, prosedur penerimaan magang, posisi yang dibutuhkan, hingga jadwal kerjanya. Pertimbangkan juga lokasi tempat magang dengan tempat tinggalmu.

2. Pastikan posisi magang sesuai dengan latar belakang pendidikan

Selanjutnya, kamu harus memastikan bahwa tempat magang tersebut membuka posisi magang yang sesuai dengan latar belakang pendidikanmu. Hal ini berkaitan dengan ilmu praktik dan teori yang telah diberikan di perkuliahan. Dengan menjalani magang yang sesuai dengan latar belakang keilmuan, maka akan memberikan gambaran tentang dunia kerja dan peluang karir yang akan datang.

3. Tentukan durasi magang

Perhatikan juga durasi magang yang ditawarkan di perusahaan incaranmu. Biasanya magang akan berlangsung selama tiga hingga enam bulan. Kamu bisa memilih durasi magang dan sistem kerja dengan jadwal kuliah dan jangan sampai mengganggu prioritas utamamu.

4. Kirim CV sesuai dengan posisi yang kamu lamar

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, segera kirim curriculum vitae (CV) sesuai dengan posisi yang akan kamu lamar. Tidak jarang juga perusahaan meminta kepada calon mahasiswa magang untuk mengirimkan portofolio yang sesuai dengan posisi yang dilamarnya.

Perhatikan penulisan dalam CV mu agar menarik calon perusahaanmu dan pastikan tidak ada kesalahan penulisan. Sesuaikan penulisan CV dengan permintaan perusahaan tempat magang, apakah menginginkan CV kreatif atau CV yang ATS Friendly.  Usahakan untuk mengirim lamaranmu di waktu optimal untuk mengirimkan lamaran kerja, yakni pukul 10.00-11.00 pagi atau pukul 14.00-15.00 siang. Jangan mengirim lamaran di sore hari atau bahkan malam hari.

5. Bangun relasi yang baik

Ketika kamu telah berhasil bergabung di sebuah perusahaan, jangan sia-siakan kesempatan itu untuk membangun relasi baik dengan para karyawan yang bekerja disana maupun sesama mahasiswa magang. Jangan ragu untuk menyapa dan mencari tahu mengenai hal seputar pekerjaan yang belum kamu ketahui sebelumnya.

Magang adalah tahapan dalam mencapai karir dan cita-citamu, maka jangan sia-siakan kesempatan yang ada. Pilih tempat magang yang tepat yang akan membantumu dalam berkembang. Lakukan kegiatan magang dengan baik agar menjadi bekal pengalaman memasuki dunia kerja.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut