Tips Mengatur Keuangan Dengan Metode 4321

0
2354
Tips Mengatur Keuangan Dengan Metode 4321

Memiliki keuangan yang sehat adalah dambaan semua orang, hal terpenting yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan mengatur keuangan dengan benar. Ada banyak cara dan metode yang dapat digunakan untuk mengatur keuangan, salah satunya dengan metode 4321. Metode ini adalah rumus sederhana dengan membagi persentase penghasilanmu menjadi 40-30-20-10. Yuk simak selengkapnya cara mengatur keuangan ini.

1. 40% untuk kebutuhan pokok

Kamu bisa mengalokasikan 40% dari pemasukanmu untuk pengeluaran rutin dan kebutuhan pokok yang wajib dipenuhi. Kebutuhan tersebut meliputi biaya makan sehari-hari, air, listrik, pulsa, internet, transportasi dan sebagainya. Angka ini terbilang cukup ideal untuk memenuhi kebutuhan pokokmu.

2. 30% untuk cicilan

Secara prinsip, memiliki hutang dan cicilan tak selamanya buruk selama bersifat produktif. Kamu dapat mengalokasikan 30% pendapatan untuk cicilan. Sebaiknya kamu menghindari berhutang untuk hal-hal yang bersifat konsumtif atau barang-barang lain yang sebenarnya tidak diperlukan.

3. 20% untuk tabungan

Setelah memenuhi kebutuhan dan membayar cicilan, kamu dapat menyisihkan 20% gajimu untuk ditabung. Dari 20% yang kamu sisihkan ini, kamu dapat membaginya lagi misalnya untuk dana darurat, asuransi, maupun investasi.

4. 10% untuk beramal

Sisa alokasi sebesar 10% dapat kamu gunakan untuk beramal, sedekah, atau berdonasi. Perlu dicatat bahwa 10% ini bukan angka yang wajib, jika penghasilan mu terbilang masih pas-pasan kamu bisa mengurangi persentase tersebut.

Itulah cara mudah dalam mengatur keuangan dengan metode 4321. Selamat mencoba!

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 12% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut