Tips Mengatur Gaji Bulanan

1
203
Tips Mengatur Gaji Bulanan

Mengatur uang memang bukan perkara mudah. Apalagi gaji yang diperoleh terbilang kecil, sedangkan kebutuhan hidup semakin mahal. Seringkali ketika gaji baru masuk kita sudah membayangkan untuk membeli semua barang yang diinginkan. Hati-hati, jika kamu mengikuti hawa nafsu untuk berbelanja konsumtif, maka sudah dapat dipastikan gajimu tidak akan cukup untuk bertahan hidup. Oleh karenanya kamu harus bisa mengelola gajimu dengan bijak. Lalu bagaimana cara agar gaji bisa mencukupi kebutuhan?

1. Buat skala prioritas

Dengan membuat skala prioritas, di mana kamu harus bisa membedakan antara barang yang termasuk kebutuhan dan mana yang sekadar keinginan. Barang yang termasuk kebutuhan adalah barang-barang yang jika tidak segera dipenuhi dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Seperti makanan, obat-obatan, keperluan rumah tangga. Sedangkan untuk barang yang termasuk keinginan adalah barang yang jika tidak kamu beli saat itu juga, maka tidak akan mengganggu produktivitasmu. Contoh produk-produk tersebut bisa berupa pakaian baru, gadget, dll.

2. Terapkan prinsip keuangan yang sesuai gaya hidup

Dalam dunia literasi finansial, ada banyak cara mengatur gaji sesuai dengan gaya hidup. Salah satu konsep paling populer ialah aturan 50-30-20 yang dikenalkan oleh senator Amerika Serikat, Elizabeth Warren. Dalam konteks ini, ia menyarankan untuk memecah penghasilan utama menjadi 3 kategori, yakni 50% untuk memenuhi kewajiban dan kebutuhan, 30% untuk hiburan atau memenuhi keinginan, dan 20% untuk menabung atau berinvestasi.

3.  Mencatat pemasukan dan pengeluaran

Terakhir, kamu bisa menggunakan pembukuan untuk mencatat setiap transaksi masuk dan keluar dalam keuangan pribadimu sekecil apapun. Cara ini terbukti ampuh untuk membantumu mengontrol pengeluaran dan berhemat. Nantinya di akhir bulan, kamu bisa melakukan evaluasi lewat catatan yang sudah kamu buat. Seperti dengan melihat mana saja kira-kira pengeluaran yang sebenarnya masih bisa ditekan atau tidak perlu dilakukan.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut

1 COMMENT

Comments are closed.