Tips Mencegah Phising Akun Bank

0
129
Tips Mencegah Phising Akun Bank

Maraknya penipuan dengan modus phising perbankan membuat kita harus semakin waspada. Istilah penipuan ini disebut “phising” yang berasal dari kata “fishing” sebuah kata bahasa inggris yang artinya “memancing”. Sesuai dengan arti kata tersebut, penipuan modus ini menggunakan cara untuk memancing nasabahnya lewat surat elektronik yang mengatasnamakan institusi perbankan tertentu. Biasanya data yang menjadi sasaran phising adalah data pribadi, seperti nama, usia, dan alamat. Selain itu, data yang diincar oleh pelaku phising adalah data akun bank, username dan password, dan data finansial seperti informasi tentang kartu kredit, rekening. Namun seringkali banyak orang tak menyadari bahwa dirinya memberikan informasi pribadi, padahal informasi yang dibagikan tersebut akan digunakan untuk tujuan kejahatan. Berikut adalah tips agar kamu tidak menjadi korban phising.

1. Jangan Asal Klik Link

Hati-hati dalam mengunjungi situs tertentu karena link yang masuk lewat email atau sms, bisa jadi ini adalah link penipuan yang telah disusupi software yang bisa merekam aktivitas berdasarkan ketukan di keyboard.

2. Jaga Kerahasiaan

Jangan pernah bocorkan, password, username, PIN ataupun kode OTP kamu kepada siapapun, termasuk pihak yang mengaku dari bank. Hal ini terdengar klise, namun kenyataannya masih banyak orang yang tanpa sadar menyebarkan data-data penting ini.

3. Jangan Mudah Tergiur

Jangan mudah tergiur dengan penawaran atau promosi yang dikirimkan melalui email atau sms, pastikan terlebih dahulu kebenarannya. Kamu bisa mengunjungi website resmi bank tersebut untuk memastikan keaslian pesan atau promosi yang masuk tersebut.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 12% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut