Permudah Customer, Ini Tips Memilih Aplikasi Pembayaran Bisnis yang Tepat

0
592
aplikasi pembayaran bisnis
Sumber: Wise

Hidup ini memang penuh dengan pilihan, pilihan untuk maju atau tetap diam di tempat. Coba bayangkan kamu adalah seorang kapten kapal yang sedang memimpin perjalanan panjang melintasi lautan bisnis yang luas.

Kapal kamu adalah bisnis kamu, dan setiap customer yang naik ke kapal itu adalah potensi pendapatan. Tapi, ada satu peralatan krusial yang kamu butuhkan untuk memastikan perjalanan menjadi lancar yakni “kompas”.

Nah, kompas ini adalah aplikasi pembayaran bisnis yang tepat. Tanpa itu, kamu mungkin akan kehilangan arah, tersesat di lautan yang luas, dan customer kamu mungkin akan hilang di tengah perjalanan.

Untuk itu, berikut tips penting untuk memilih aplikasi pembayaran bisnis yang tepat untuk mempermudah customer membayar tagihan kamu. Simak sampai bawah, ya!

Pertimbangkan Kebutuhan Bisnis Kamu

Setiap bisnis tentunya memiliki karakteristik yang berbeda, termasuk jenis produk atau layanan yang ditawarkan, model harga, dan basis customer seperti apa. Untuk itu, pastikan memilih aplikasi yang cocok dengan kebutuhan bisnis kamu.

Nah, beberapa pertanyaan yang mungkin bisa kamu pertimbangkan, apakah bisnis kamu memerlukan integrasi dengan sistem lain, misalnya manajemen stok atau sistem akuntansi sederhana?

Tidak hanya itu, mungkin kamu menginginkan aplikasi yang menyediakan berbagai metode pembayaran, seperti kartu kredit, debit, atau E-Wallet? Atau menginginkan fitur-fitur tambahan seperti pelacakan laporan keuangan?

Baca juga: Apa Itu Digital Payment? Ini Definisi dan Perannya di Indonesia

Memiliki Standar Keamanan Sama dengan Bank

Pastikan ya kamu jatuhkan pilihan kamu ke aplikasi pembayaran bisnis yang memiliki sistem keamanan yang terbaik, termasuk apakah memiliki enkripsi data, deteksi fraud, dan sistem terhadap serangan cyber serta sudah berlisensi.

Mulailah dengan cek apakah aplikasi memiliki sertifikasi seperti ISO (International Standardization Organization)? Di mana sertifikasi ini penting lho karena ISO adalah organisasi yang memiliki wewenang dalam menciptakan ketentuan atau standar di bidang industrial dan komersial dunia.

Selain itu, kamu juga bisa tanyakan informasi lebih lanjut mengenai keamanan ini kepada vendor tentang langkah-langkah apa saja yang sudah mereka ambil untuk melindungi data customer-nya.

Pahami Biaya dan Tarifnya

Pastinya kamu tahu bahwa dari sekian banyak pilihan aplikasinya tentunya memiliki struktur tarif yang berbeda-beda. Beberapa mungkin menagih biaya bulanan atau tahunan, sementara yang lainnya mungkin mengambil sebagian dari setiap transaksi yang kamu lakukan.

Jangan pernah terpaku pada biaya yang rendah ya, tetapi pertimbangkan juga nilai tambah yang diberikan. Jadi, penting buat kamu memahami struktur biayanya, termasuk biaya transaksi, pemrosesan, dan biaya lainnya agar kamu bisa menghitung dengan akurat berapa total biaya yang kamu keluarkan nantinya.

Sebenarnya sih, kamu tidak perlu khawatir, ada juga lho aplikasi yang gratis. Di mana kamu bisa daftar ke aplikasi tersebut tanpa dipungut biaya sepeserpun, hingga kamu bebas transaksi dengan customer kamu lewat berbagai metode pembayaran.

Tersedianya Berbagai Metode Pembayaran

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Pembayaran Bisnis (Sumber: Forbytes)

Pilih aplikasi yang menyediakan beragam metode pembayaran. Jadi, kamu bisa tagih dan terima pembayaran dari customer lebih mudah tanpa perlu menyediakan satu per satu yang sangat merepotkan dan customer juga akan cepat membayar tagihan kamu lewat metode pembayaran sesuai preferensinya sendiri.

Baik lewat transfer bank, QRIS, Virtual Account, E-Wallet, kartu kredit, hingga marketplace. Jika semakin mudah proses dan pilihan metode pembayaran, maka semakin besar juga kemungkinan pelanggan akan membayar tagihan kamu tepat waktu.

Mudah Digunakan dan Sudah Terkoneksi dengan Sistem Bisnis Lainnya

Memilih aplikasi pembayaran bisnis yang tampilannya mudah dipahami sangat penting lho karena bisa mengurangi potensi human error. Hal ini akan membantu kamu dalam mengurangi risiko kesalahan manusia yang bisa timbul akibat kesulitan dalam menggunakan aplikasinya.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa pertimbangkan memilih aplikasi yang sudah terkoneksi dengan sistem akuntansi sederhana. Di mana hal ini akan memudahkan kamu dalam segala aktivitas pencatatan akuntansi, seperti rekonsiliasi otomatis agar kamu tidak perlu repot lagi di akhir bulan.

Baca juga: Manfaat Pembayaran Digital Untuk Bisnis

Kesimpulan

Dalam dunia bisnis yang semakin digital, pemilihan aplikasi pembayaran bisnis yang tepat adalah langkah penting untuk mempermudah operasi kamu dan meningkatkan pengalaman customer dalam membayar tagihan kamu.

Dengan mempertimbangkan kebutuhan bisnis kamu dan beberapa poin di atas, diharapkan kamu bisa menemukan aplikasi pembayaran yang tepat agar bisnis kamu juga bisa ekspansi ke level berikutnya. So, aplikasi yang seperti apa nih yang akan kamu pilih?

*Artikel ini hasil kerja sama antara Paper.id dan Akseleran