Apa Itu Digital Payment? Ini Definisi dan Perannya di Indonesia

0
123
Digital Payment Indonesia

Perkembangan teknologi dan digital di negara kita memiliki dampak ke banyak sektor. Salah satunya sektor keuangan. Apalagi sejak pandemi Covid 19 berlangsung. Kesadaran masyarakat akan praktisnya metode pembayaran secara digital membuat banyak platform digital payment Indonesia muncul. 

Sebelum membahasnya, mari kita ulas dulu definisi digital payment , manfaat, dan perannya di negara ini.

Apa itu Digital Payment

Secara teknis, digital payment adalah metode pembayaran yang memanfaatkan teknologi digital. Sederhananya, metode pembayaran ini memanfaatkan jaringan internet dan sejumlah perangkat untuk mendapatkan benefit kepraktisan, efisiensi, kecepatan, dan kemudahan.

Dibanding cara manual, pembayaran secara digital akan membuat segala transaksi keuangan bisa dilakukan secara real time. Jika dulu kita butuh waktu lebih dari sehari untuk menerima uang masuk dari bank lain atau ketika pengirimannya dilakukan melalui wesel. Dengan pembayaran digital, kita bisa mengirim dan menerima uang saat itu juga begitu transaksi selesai dilakukan.

Sebelum Covid 19, metode pembayaran digital sudah banyak digunakan. Namun karena saat pandemi aktivitas di luar rumah sangat terbatas, digital payment semakin dikenal dan hampir semua pengguna internet di Indonesia memiliki setidaknya satu platform pembayaran digital di smartphone mereka.

Manfaat Digital Payment

Setidaknya ada beberapa manfaat pembayaran digital yang bisa dirasakan, yaitu:

  • Sistem pembayaran lebih aman karena menggunakan teknologi terenkripsi yang diperkuat dengan adanya PIN, password, atau OTP untuk mencegah orang berbuat jahat
  • Transaksi pembayaran lebih cepat dan tidak butuh banyak verifikasi sebagaimana pembayaran tradisional yang membutuhkan waktu lebih dari sehari
  • Kemudahan pembayaran di mana dan kapan saja selama ada akses internet dan platform pendukung
  • Terintegrasi dengan layanan keuangan lain seperti Internet Banking dan Mobile Banking sehingga transaksi bisa dilakukan sewaktu-waktu tanpa khawatir kehabisan dana
  • Pembayaran secara cashless yang memungkinkan kita untuk tidak membawa uang tunai dalam jumlah banyak saat bepergian
  • Praktis karena hanya bermodalkan gadget dan akses internet kita bisa melakukan berbagai transaksi keuangan
  • Tidak perlu repot mencari ATM untuk menarik uang atau bertransaksi

Baca juga: Fintech adalah: Pengertian, Jenis, dan Dasar Hukumnya

Penerapan Digital Payment di Indonesia

Digital Payment Indonesia hadir dalam berbagai jenis, beberapa ada yang terafiliasi dengan bank, lainnya merupakan platform mandiri yang memang dikembangkan sebagai perangkat pembayaran digital. Beberapa jenis digital payment yang ada di negara kita adalah:

1. SMS Banking

SMS Banking merupakan layanan perbankan yang disediakan bank supaya setiap transaksi dapat dilakukan melalui SMS, entah itu cek saldo, transfer, cek mutasi, pembayaran pulsa, hingga pembayaran tagihan lainnya. Untuk bisa mengakses layanan SMS Banking, nasabah akan dikenakan biaya yang dipotong langsung dari pulsa.

2. M-Banking

Layanan ini mirip dengan SMS Banking dan memanfaatkan aplikasi serta smartphone untuk melakukan berbagai transaksi keuangan dan perbankan. Terafiliasi dengan bank, penggunaan M-Banking bisa diaktifkan jika kita mau mengaktifkannya melalui kantor cabang terdekat. Selain itu, kita juga butuh jaringan internet memadai. 

3. Internet Banking

Sama dengan M-Banking, salah satu layanan digital payment Indonesia ini terafiliasi dengan bank. Bedanya, Internet Banking biasanya diakses melalui browser lewat PC atau smartphone

4. E-Money

E-Money atau uang elektronik merupakan aplikasi pembayaran digital yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan berbagai transaksi keuangan. E-Money juga bisa berbentuk kartu yang mirip dengan kartu debit. Jadi ketika tidak ada jaringan internet, pembayaran menggunakan E-Money bisa dilakukan selama ada mesin EDC.

5. E-Wallet

Merupakan aplikasi dompet digital, E-Wallet berperan layaknya M-Banking. Bedanya, E-Wallet biasanya tidak terafiliasi dengan bank namun bisa diintegrasikan dengan akun M-Banking kita. E-Wallet termasuk platform pembayaran digital populer di Indonesia karena kepraktisannya.

Cukup dengan memasang aplikasi E-Wallet di smartphone, pengguna bisa melakukan berbagai transaksi keuangan dengan mudah. Untuk menggunakan E-Wallet, kita butuh saldo aktif. Saldo ini bisa diisi ulang melalui berbagai platform, termasuk bank, e-commerce, dan minimarket.Bagaimana, tertarik untuk menggunakan platform digital payment Indonesia? Melihat ulasan di atas, bisa dipahami mengapa saat ini banyak orang tertarik untuk memanfaatkan digital payment. Semoga bermanfaat.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]