5 Tips Kurangi Sampah Plastik Mulai dari Diri Sendiri

0
406
5 Tips Kurangi Sampah Plastik Mulai dari Diri Sendiri

Sampah plastik merupakan salah satu masalah lingkungan yang paling mendesak saat ini. Plastik membutuhkan waktu yang sangat lama untuk terurai, sehingga akhirnya berakhir di lautan atau di tempat pembuangan akhir, merusak ekosistem dan mengancam kehidupan makhluk hidup. Meskipun banyak inisiatif dan program yang diluncurkan oleh pemerintah dan organisasi non-pemerintah untuk mengurangi penggunaan plastik, namun upaya individu juga sangat penting untuk menangani masalah ini.

Bahkan sejak beberapa dekade yang lalu, masalah sampah plastik menjadi isu penting yang diperbincangkan oleh banyak pihak. Kebanyakan dari kita tahu bahwa plastik sulit terurai di alam, dan membuangnya sembarangan dapat menimbulkan dampak yang buruk bagi lingkungan. Meskipun masalah ini kompleks, kita masih dapat melakukan kontribusi dalam mengurangi sampah plastik. Berikut beberapa cara untuk berkontribusi dalam mengurangi sampah plastik:

1. Kurangi Penggunaan Plastik Sekali Pakai

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menggunakan produk plastik sekali pakai seperti gelas, sedotan, dan kantong belanja. Kita dapat mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dengan mengganti produk tersebut dengan alternatif yang ramah lingkungan seperti gelas kaca atau stainless steel, sedotan yang dapat digunakan kembali, dan tas belanja kain atau tas belanja tahan lama.

2. Daur Ulang Plastik

Penggunaan produk plastik tidak sepenuhnya bisa dihindari, terutama pada kemasan produk. Kita bisa memilih produk dengan kemasan yang mudah didaur ulang. Setelah produk selesai digunakan, jangan langsung membuangnya, melainkan pisahkan plastik untuk didaur ulang.

3. Menggunakan Botol Minum

Menggunakan botol minum dapat mengurangi penggunaan botol plastik sekali pakai yang biasanya hanya digunakan sekali dan dibuang. Botol minum dapat digunakan berulang kali dan dapat diisi dengan air minum, sehingga kamu tidak perlu lagi membeli air kemasan dalam botol plastik.

4. Gunakan Tumbler atau Mug

Tidak hanya botol minum, tumbler dan mug juga dapat digunakan untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai. Ketika kamu pergi ke kedai kopi, bawa tumbler atau mug mu sendiri untuk menghindari penggunaan gelas atau cangkir sekali pakai.

5. Buang Sampah pada Tempatnya

Sampah plastik yang dibuang sembarangan dapat menimbulkan dampak buruk pada lingkungan dan kehidupan satwa liar. Oleh karena itu, pastikan kamu membuang sampah pada tempatnya. Jangan buang sampah di sungai atau laut, karena dapat merusak ekosistem dan biota laut.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut