7 Alternatif Cari Pinjaman Uang Selain dari Bank

0
3926
cari pinjaman uang selain dari bank

Di tengah banyaknya kebutuhan yang harus terpenuhi, ada kalanya keuangan tidak mencukupi. Persyaratan lembaga keuangan tertentu kadang memberatkan ketika berhadapan dengan keperluan mendadak. Cari pinjaman uang selain dari bank menjadi salah satu alternatif. 

Pemberi pinjaman non bank ini umumnya memberikan bantuan sejumlah uang tanpa memberikan syarat yang berat. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan cash sesegera mungkin. Meski demikian, umumnya ada persyaratan pengganti sebagai bentuk perjanjian.

Misalnya, menjadi anggota, tanda tangan surat bermaterai, hingga memberikan dokumen resmi agar tercatat di lembaga keuangan negara. Hal ini Anda perlukan agar transaksi pinjam-bayar berjalan lancar sesuai dengan kesepakatan bersama. 

Cari Pinjaman Uang Selain dari Bank

Bank mungkin jadi instansi yang muncul paling pertama untuk mendapatkan pinjaman. Sayangnya, opsi ini kadang membutuhkan waktu lama dengan persyaratan dan jaminan memberatkan. 

Memilih lembaga keuangan yang terpercaya selain di bank pun cukup bikin was-was. Pasalnya, penyedia kredit tidak resmi yang tidak terdaftar dapat membebankan bunga besar. Anda pun berisiko terkena biaya bunga yang tidak masuk akal. 

Demi keamanan dan kenyamanan selama transaksi pinjaman, pastikan memilih lembaga yang memang terdaftar pada pengawas nasional Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia  (OJK RI). Sebagai alternatif, Anda bisa memilih beberapa opsi pinjaman uang mendadak berikut ini. 

1. Keluarga dan Kerabat

Salah satu pilihan untuk mendapatkan pinjaman secara cepat tanpa syarat adalah pada keluarga dan kerabat. Pinjaman uang tunai pribadi ini sangat mungkin untuk didapatkan, terlebih jika orang-orang terdekat mengetahui kondisi Anda. 

Meski diberikan oleh orang dalam ikatan relasi, bukan berarti menjadi uang ikhlas. Sebagai peminjam, Anda tetap harus memenuhi kesepakatan pembayaran yang telah dibuat di awal. Termasuk besaran bunga jika ada dan kapan tenggat pelunasan. 

Jika perlu Anda bisa menyarankan untuk membuat kesepakatan tertulis di atas kertas lengkap bersama materai berlaku sesuai besaran pinjaman. Dengan demikian, Anda dan pemberi pinjaman akan sama-sama mendapatkan kejelasan yang menguntungkan kedua belah pihak. 

2. Koperasi Simpan Pinjam

Koperasi merupakan salah satu lembaga non bank yang menyediakan layanan simpan pinjam. Daripada bank, koperasi biasanya memberikan persyaratan yang lebih mudah dan tidak membebankan jaminan bagi calon peminjam.

Adapun koperasi simpan pinjam di Indonesia memiliki asas ‘kekeluargaan’. Hal tersebut membuat siapa saja yang hendak mengajukan pinjaman harus mendaftarkan diri sebagai anggota koperasi. Keanggotaan inilah yang mengikat, hingga pinjaman terlunasi. 

Koperasi simpan pinjam bisa menjadi alternatif kebutuhan mendadak, selama Anda sudah menjadi anggota. Keuntungan lainnya yakni Anda bisa menyesuaikan besaran cicilan. Di luar itu, tiap anggota akan rutin mendapatkan pembagian SHU atau Sisa Hasil Usaha pada waktu tertentu.

3. Pegadaian

Nyaris terdapat di seluruh wilayah Indonesia, Pegadaian jelas jadi lembaga penyedia pinjaman uang yang bisa Anda pilih. Mudah mendapatkannya, Anda juga mendapat jaminan transaksi sebab Pegadaian telah memiliki izin dan merupakan anak perusahaan Bank Rakyat Indonesia. 

Agar bisa mendapat pinjaman dari Pegadaian, Anda harus memberikan barang berharga sebagai jaminan. Misalnya, kendaraan bermotor, perhiasan berharga, barang elektronik, dan sebagainya.

Nantinya, Anda akan mendapatkan besaran pinjaman sesuai penawaran sebagaimana kesepakatan atau seharga barang yang menjadi jaminan gadai. Adapun barang Anda sebagai jaminan bisa Anda dapatkan kembali setelah membayarkan pelunasan pinjaman.

4. Pinjaman Online

Era digital memudahkan transaksi, termasuk urusan pinjaman dana. Kini, Anda tidak hanya bisa mengandalkan bank, tetapi juga perusahaan fintech yang memberikan pinjaman online dengan syarat mudah. Tanpa jaminan, cair pun cepat. Hal yang harus Anda penuhi hanya identitas pribadi dan kontak personal. 

Namun, Anda perlu teliti menentukan lembaga pinjaman digital yang menjanjikan KTA online proses cepat. Pasalnya, tidak semua pinjol mengantongi izin resmi dari pemerintah. Akibatnya, Anda mungkin terbebankan biaya bunga lebih besar hingga kebocoran identitas. 

Umumnya, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) RI secara rutin mengeluarkan list nama fintech legal berizin. Selain mengecek daftar tersebut, pastikan lembaga keuangan terkait tidak melakukan hal-hal seperti berikut: 

  • Melakukan penawaran melalui saluran komunikasi pribadi (SMS, WhatsApp)
  • Tidak ada transparansi besaran pinjaman dan penghitungan bunga
  • Memberikan pinjaman terlalu mudah
  • Tidak ada layanan pengaduan resmi (website, customer service, dan sebagainya)
  • Tidak diketahui alamat kantor yang jelas
  • Meminta seluruh akses pribadi pada ponsel
  • Pihak penagih tidak memiliki sertifikat dari Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI)

5. Kartu Kredit

Jika Anda pengguna kartu kredit, maka Anda bisa memanfaatkannya sebagai alternatif cari pinjaman uang selain dari bank. Tanpa bunga dan jaminan, satu-satunya syarat hanya melunasi pinjaman sebelum tanggal jatuh tempo.

Opsi ini juga bernama fasilitas dana tunai kartu kredit. Yakni layanan yang diberikan pada pemegang kartu kredit untuk meminjam sejumlah uang yang nantinya dikirim ke rekening tabungan. Dana pinjaman ini berasal dari limit kartu kredit Anda sendiri. 

Misalnya, Anda memegang kartu kredit dengan limit Rp200 juta. Namun, Anda sudah membelanjakannya sebesar Rp20 juta. Maka, sisanya ada Rp180 juta. Nah, Anda bisa mencairkannya menjadi dana dengan ketentuan 50 persen dari limit yang tersisa. Artinya, Anda masih bisa mendapatkan kredit sekitar Rp90 juta. 

Baca juga: Mudah! Ini Beberapa Langkah Cara Membuat Kartu Kredit

6. Lembaga Keuangan Non-Bank

Koperasi simpan pinjam dan Pegadaian bukanlah opsi terbatas dari lembaga keuangan non bank. Masih ada pilihan serupa yang tersedia untuk memberikan pinjaman cepat cair tanpa syarat khusus atau jaminan. 

Misalnya, layanan penyedia kredit pembelian barang elektronik, kendaraan bermotor, dan lain sebagainya. Meski tidak memberikan uang secara utuh, lembaga ini bisa jadi opsi ketika Anda perlu membeli barang dengan keringanan pembayaran. 

Umumnya, lembaga keuangan non bank akan meminta kelengkapan identitas, mulai KTP hingga NPWP, slip gaji untuk menerima atau menolak pengajuan kredit. Selain itu, lembaga juga akan melakukan BI checking untuk memastikan penerima kredit memiliki riwayat keuangan yang baik. 

7. Bank Keliling Mingguan

Sejatinya, ini bukanlah bank seperti yang Anda bayangkan. Melainkan pinjaman uang tunai pribadi yang ditawarkan oleh pihak individual. Bank keliling mingguan sangat berbeda dengan bank ataupun pinjam uang online. Pasalnya, tidak ada jaminan atau syarat khusus bagi peminjam untuk mendapatkan dana. 

Di luar itu, pinjaman yang diberikan pun tidak terlalu besar. Biasanya berkisar antara Rp1-3 juta. Nantinya, Anda wajib membayar cicilan setiap minggu dalam kurun waktu tertentu. Adapun besaran bunga yang diberikan sekitar 10-15 persen tergantung masing-masing pemberi kredit. 

Opsi ini biasanya menyasar kalangan pelaku UMKM atau pedagang. Jumlah yang ditawarkan tidak terlalu besar menyesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan bayar. Anda pun bisa membayar pinjaman setelah balik modal atau sudah mendapat keuntungan. Kini, cari pinjaman uang selain dari bank tidak terlalu sulit. Sebagian besar layanan hanya membutuhkan ponsel dan identitas. Anda pun bisa mendapatkan dana untuk keperluan mendesak dan membayarnya sesuai tenor tanpa syarat yang memberatkan.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].