Tips Agar Kendaraan Irit BBM

1
148
Tips Agar Kendaraan Irit BBM

Kenaikan harga bahan bakar belakangan ini tentu memberikan dampak signifikan bagi pengguna kendaraan bermotor. Untuk menyiasati hal tersebut, ada cara efektif menghemat bahan bakar yaitu dengan berkendara dan merawat kendaraan secara apik. Lalu bagaimana caranya agar pemakaian bahan bakar tidak boros? Berikut beberapa tips yang bisa kamu coba.

1. Pilih untuk berkendara di jam lengang

Mengendarai mobil di jalanan yang padat merayap pada jam-jam sibuk membuat mobil mengonsumsi bahan bakar lebih banyak dari kondisi normal. Untuk itu jika situasi memungkinkan, kamu bisa memilih waktu berkendara dimana kondisi jalan sedang tidak padat

2. Jaga jarak dengan kendaraan di depan dan belakang

Menjaga jarak aman dengan kendaraan yang ada di depan dan belakang ternyata tak hanya menjamin keamanan. Menjaga jarak artinya kamu melajukan mobil sesuai kebutuhan dengan tidak ada mengerem mendadak yang juga akan menghemat konsumsi bahan bakar kendaraan.

3. Perhatikan pemakaian AC

Selain kecepatan dan ketepatan penggunaan gigi, pemakaian AC juga harus diperhatikan dalam tips agar mobil irit BBM. Yang harus kamu tahu, memakai AC itu juga mengurangi bahan bakar loh. Ketika menyalakan AC, tenaga mesin akan diambil oleh sistem AC untuk menggerakan sistem yang terkait. Coba untuk meminimalisir penggunaan AC sebelum udara panas dalam mobil keluar.

4. Jaga tekanan angin ban

Ketika tekanan angin pada ban kurang, hal ini akan membuat tahanan gulir membesar dan mengakibatkan pemborosan bahan bakar. Untuk itu penting untuk menjaga tekanan angin sesuai dengan ketentuan pabrik. Jika tekanannya tepat maka mobil bisa berjalan dalam jarak tempuh yang jauh dan dengan konsumsi bahan bakar yang normal.

5. Rawat mobil secara rutin

Melakukan servis mobil secara berkala juga bisa membuat kendaraanmu lebih irit bensin. Karena dengan demikian, kualitas komponen-komponen dalam mobil akan terjaga sehingga performanya tetap optimal. Lakukan servis berkala setiap tiga bulan sekali atau setiap penggunaan mencapai 5000 Km.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut