Tips Agar BI Checking Selalu Bersih

0
682
Tips Agar BI Checking Selalu Bersih

Bl checking adalah riwayat atau Informasi Debitur Individual (IDI) Historis yang mencatat lancar atau macetnya pembayaran kredit (kolektibilitas). Saat ini, BI Checking sudah berganti nama menjadi Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) di bawah naungan OJK. Saat ini, BI Checking (SLIK) juga bisa dilihat lewat platform yang terdaftar dan diawasi oleh OJK. Ada beberapa kriteria BI Checking atau SLIK, yaitu:

  • Skor 1 : Kredit Lancar

Debitur selalu memenuhi kewajibannya tanpa menunggak

  • Skor 2 : Kredit Dalam Perhatian Khusus

Debitur tercatat menunggak cicilan kredit 1-90 hari

  • Skor 3: Kredit Tidak Lancar

Debitur tercatat menunggak cicilan kredit 91-120 hari

  • Skor 4: Kredit Diragukan

Debitur tercatat menunggak cicilan kredit 121-180 hari

  • Skor 5: Kredit Macet

Debitur tercatat menunggak cicilan kredit lebih 180 hari.

Informasi dalam BI Checking (SLIK) sangat akurat lantaran catatan debitur tersebut dikumpulkan dari hasil saling dipertukarkan antar-bank dan lembaga keuangan. Biasanya bank akan menolak pengajuan kredit jika calon debitur mendapat skor 3, skor 4, dan skor 5. Hal ini karena pertimbangan risiko kredit macet di masa depan. Lalu bagaimana cara menjaga BI Checking agar selalu bersih?

1. Mempunyai history

Pastikan kamu sudah memiliki history kredit di bank misalnya cicilan atau kartu kredit. Hal ini berguna agar kamu memiliki “Credit Score” yang terekam di Bank indonesia.

2. Sesuaikan dengan keuangan

Hal yang terpenting adalah kamu harus menyesuaikan kredit pinjaman yang hendak kamu ajukan dengan kondisi keuangan. Jangan sampai kamu mengambil cicilan yang terlalu besar yang akan membebanimu.

3. Bayar tepat waktu

Selalu bayar cicilan ke bank sebelum tanggal jatuh tempo. Jangan sampai kamu telat membayar karena itu akan mempengaruhi credit score mu.

4. Hindari minimum payment

Ketika membayar cicilan kartu kredit, usahakan membayarnya dengan nominal yang sesuai. Hindari membayar tagihan kartu kredit dengan jumlah minimum payment.

5. Pantau credit score

Kamu bisa memantau secara berkala credit score di website SLIK OJK. Lakukan pemantauan secara berkala untuk memastikan credit score mu selalu baik.

Meskipun kamu pernah masuk daftar hitam (skor buruk) dalam Bl Checking (SLIK), kamu tetap bisa mengajukan kredit asalkan sudah melunasi semua tagihan beserta dengan bunga dan dendanya. Jika datamu belum juga diperbaharui setelah kamu membayar, kamu bisa membawa surat penjelasan atau klarifikasi dari bank/lembaga keuangan tempat mengajukan kredit, lalu konfirmasikan ke OJK bahwa kamu telah menuntaskan kewajiban kredit.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut