Tips Mengatur Keuangan Ketika Tinggal Bersama Mertua

0
141
Tips Mengatur Keuangan Ketika Tinggal Bersama Mertua

Memulai kehidupan baru berdua dengan pasangan pastinya menjadi hal indah yang jadi dambaan banyak orang. Namun terkadang kondisi tidak memungkinkan sepasang suami istri untuk tinggal hanya berdua. Banyak hal yang membuat kita harus mengambil keputusan tetap tinggal dengan mertua, dan sebetulnya hal itu bukan masalah. Meski pasti ada tantangannya tersendiri, semua pasti bisa dilewati dengan baik asalkan kamu dan pasangan bisa berkomunikasi secara jujur dan terbuka. Ketika ada lebih dari satu kepala keluarga dalam satu atap, ada hal-hal yang menjadi sensitif misalnya terkait keuangan. Berikut ini beberapa tips mengatur keuangan ketika kamu masih tinggal bersama orang tua atau mertua.

1. Komunikasikan dengan Pasangan

Keterbukaan dengan pasangan adalah hal yang wajib kamu lakukan. Apalagi kalau masih tinggal bersama mertua, intervensi atau campur tangan mereka bisa saja terjadi dalam hal keuangan. Daripada menimbulkan perdebatan yang panjang, sebaiknya komunikasikan dengan pasangan secara terbuka. Diskusikan soal apa saja kebutuhan mertua yang harus dipenuhi agar nominal yang diberikan sesuai budget yang kamu miliki.

2. Catat Kebutuhan Mertua

Walaupun tinggal bersama, mertua pasti punya kebutuhan sendiri yang berbeda dengan kebutuhanmu misalnya seperti belanja harian, biaya obat, dan lain-lain. Supaya budget yang diberikan setiap bulan bisa sesuai, maka kamu harus mencatat dengan detail apa saja yang menjadi kebutuhan mertua.

3. Berikan Berdasarkan Jumlah Kebutuhan

Setelah mengetahui budget bulanan yang kira-kira bisa diberikan sesuai dengan kebutuhan mertua, maka kamu bisa memberikan sesuai kebutuhan. Tapi bukan berarti kamu tidak boleh memberikan lebih kepada mertua. Sesuaikan pemberian dengan kemampuan finansial mu dan pasangan.

4.  Pisahkan Budget

Pastikan kamu memisahkan budget pemberian untuk mertua dengan kebutuhan pribadi. Jangan sampai budget bulanan untuk mertua tercampur dengan budget kebutuhan pribadi. Kalau budget masih menjadi satu, maka kekurangan anggaran dalam rumah tangga bisa terjadi.

5. Lihat Kondisi Finansial Mertua

Selalu cek kondisi finansial mertua. Kalau dirasa masih cukup mampu, bicarakan dengan pasangan berapa sebaiknya budget yang harus disiapkan. Jika secara finansial kamu dan pasangan masih belum mampu memberikan uang bulanan pada mertua maka kamu tidak perlu memaksakannya. Menunjukkan kasih sayang kepada mertua tidak melulu harus dengan uang. Selagi masih bisa memenuhi kebutuhan bulanannya dengan cukup sesuai kemampuan mereka pasti senang.

Selain itu, kamu bisa memenuhi kebahagiaan mertua dengan cara lain seperti mengajak liburan, berkumpul bersama cucu atau memberikan perhatian lainnya.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut