5 Teknologi Ramah Lingkungan yang Berguna Untuk Kehidupan

0
722
Teknologi Ramah Lingkungan

Seperti yang sudah kita rasakan dalam beberapa tahun terakhir bahwa bumi bisa dikatakan semakin tergerus sedikit demi sedikit mulai dari hutan yang terbakar, longsor dimana mana hingga gunung yang meletus. Tidak hanya bencana-bencana itu saja, isu pemanasan global juga tentunya sudah sering kita dengar pembahasannya melalui berbagai macam media. Karena itu, banyak orang kembali mulai peduli dengan alam.

Salah satunya dengan cara menciptakan berbagai macam teknologi ramah lingkungan demi mencegah kerusakan alam yang terus terjadi. Inovasi serta teknologi ramah lingkungan ini diharapkan memiliki manfaat serta dapat menunjang keseharian dari banyak orang.

Teknologi Ramah Lingkungan

Tentunya semua orang membutuhkan sebuah lingkungan yang bersih serta bebas dari segala bentuk pencemaran baik itu air, udara hingga tanah. Sumber energi fosil menjadi salah satu faktor utamanya. Karena, apabila kita semua masih berharap banyak dan bergantung pada bahan bakar fosil tersebut tentunya akan membuat banyak efek negatif terhadap lingkungan kita.

Lalu sebenarnya apa teknologi ramah lingkungan yang dimaksud di sini? Teknologi ramah lingkungan merupakan suatu metode yang pelaksanaannya mengacu pada wawasan untuk mencapai suatu tujuan serta memperhatikan kaidah-kaidah lingkungan disekitarnya. 

Untuk dapat menikmati teknologi tersebut biasanya diperlukan biaya yang tentunya tidak sedikit apabila dibandingkan dengan membeli peralatan dengan teknologi konvensional. Kondisi tersebut tentunya membuat para pengembang mendapatkan tantangan untuk menciptakan teknologi hijau yang dengan harga yang lebih terjangkau.

Contoh Teknologi Ramah Lingkungan

Walaupun memang teknologi akan membuat biaya menjadi meningkat namun dampak positif dari penerapan dan penggunaan teknologi untuk kehidupan sehari-hari diantaranya:

  • Kincir Angin

Siapa yang tidak tahu kincir angin? Tentu sebagian dari kalian sering melihat di berbagai kesempatan terutama yang sudah pernah ke Belanda tentunya banyak melihat kincir angin di negara tersebut. Banyaknya kincir angin di Belanda juga bukan tanpa sebab, bukan juga hanya sekedar hiasan kincir angin ini adalah sebuah teknologi yang sudah banyak digunakan di negara maju.

Angin yang bisa dijadikan sebagai alternatif sumber energi pengganti bahan bakar fosil. Energi angin ini juga digunakan untuk menggerakan kincir tersebut yang kemudian menghasilkan jenis energi lainnya seperti energi listrik yang dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan.

Sistem kincir angin inilah merupakan sumber energi yang ramah lingkungan yang tidak menyebabkan polusi udara. Tentunya hal ini berbeda dengan energi listrik yang dihasilkan oleh bahan bakar non terbarukan yang memberikan dampak butuh bagi atmosfer.

  • Biogas

Tidak akan ada yang sadar bahwa kotoran hewan dapat dijadikan sebuah energi untuk memenuhi kebutuhan manusia. Biogas dihasilkan oleh aktivitas fermentasi bahan-bahan yang organik. Namun, tidak hanya kotoran hewan, kotoran manusia dan limbah domestik juga dapat dimanfaatkan sebagai biogas. 

Mengapa kotoran kotoran ini dapat dijadikan sumber energi? Kotoran merupakan sebab adanya karbondioksida dan metana pada kotoranlah yang dimanfaatkan sebagai bahan bakar kendaraan maupun listrik. Selain hemat biaya, bahan bakar biogas ini lebih ramah lingkungan dan menjadi solusi cerdas dalam pengelolaan limbah.

Baca juga: Ini Dampak Perkembangan Teknologi yang Dapat Dirasakan

  • Mobil Listrik

Ketersediaan bahan bakar yang semakin hari semakin menipis membuat banyak inovasi baru bermunculan. Karenanya, inovasi seperti mobil listrik yang lebih ramah lingkungan ini bisa menjadi salah satu solusinya. 

Meskipun jumlahnya masih tidak sebanding dengan mobill konvensional, diharapkan pengguna mobil listrik ini terus meningkat setiap tahunnya. Selain ramah lingkungan, perawatannya pun lebih mudah.

  • Rooftop Garden

Sudah banyak bangunan yang memiliki taman yang luas di atap rumahnya, adanya taman ini adalah untuk menyerap panas yang mungkin bisa langsung berdampak panas pada rumah tersebut selain itu dengan adanya tanaman juga dapat mengurangi CO2. Ditambah lagi adanya tumbuhan di atap rumah ini membuat rumah jadi terlihat lebih indah dan menarik. 

  • Panel Surya

Yang terakhir ini mungkin sudah seringkali kamu lihat sekaligus digunakan di berbagai macam kebutuhan baik itu digunakan secara pribadi maupun umum. Karena, panel surya ini adalah suatu teknologi yang mampu mengubah cahaya menjadi aliran listrik. 

Inovasi ini juga disebut sebagai photovoltaic yang artinya cahaya listrik. Sel ini bergantung pada efek photovoltaic untuk menyerap energi matahari dan menyebabkan arus mengalir diantara dua lapisan yang muatannya berlawanan.

Itulah sedikit banyak terkait perkembangan teknologi ramah lingkungan. Yuk mulai dari sekarang kamu juga dapat membantu mengurangi pemanasan global demi anak cucu kita memiliki dunia yang lebih baik.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]