Ini Kunci Sukses Mengatur Keuangan Keluarga

0
150
Kunci Sukses Mengatur Keuangan Keluarga

Keuangan memang menjadi salah satu hal yang paling krusial saat berumah tangga. Sering sekali faktor ini menjadi pemicu terjadinya perselisihan dalam rumah tangga hingga akhirnya membuat rumah tangga kandas. Memang mengelola keuangan yang baik juga tidak semudah yang dibayangkan perlu melakukan perencanaan yang matang.

Kunci sukses mengatur keuangan keluarga ini memang biasanya dikendalikan oleh seorang wanita yang dalam hal ini artinya seorang istri. Karena memang wanita terbilang lebih cermat serta teliti dibandingkan dengan laki-laki. Namun, tetap harus ada komunikasi yang terbuka di antara keduanya.

Jadi, bagaimana cara mengatur keuangan keluarga yang baik dan sukses?

  • Melakukan Perencanaan Keuangan Keluarga dengan Membuat Anggaran

Pastikan segala transaksi yang dilakukan dapat dilakukan dengan bijak sesuai dengan kebutuhan ditambah dengan membuat rencana anggaran baik itu secara mingguan, bulanan hingga tahunan. Anggaran ini dimaksudkan agar kita dapat membeli sesuatu hanya untuk kebutuhan yang sudah dianggarkan sebelumnya.

Formula terbaiknya adalah dengan membagi 3 yaitu 50:20:30 atau 50 untuk kebutuhan sehari-hari, 20 untuk menabung dan 30 untuk kebutuhan darurat atau darurat. Dengan formula tersebut kamu dapat menyisihkan sebagian pendapatan kamu untuk kebutuhan seperti menabung atau mengembangkan dana.

  • Membiasakan Untuk Transaksi Menggunakan Uang Tunai

Munculnya berbagai kemudahan dalam melakukan transaksi pembayaran membuat kadang orang lupa bahwa akhirnya dia melakukan banyak transaksi yang sebenarnya dia tidak perlukan. Terutama adanya kartu baik itu debit maupun kredit akan membuat transaksi lebih mudah, tetapi jangan lupakan bahwa dengan kemudahan tersebut membuat kamu menjadi lebih konsumtif.

Coba untuk membiasakan menggunakan uang tunai setiap kali kamu melakukan transaksi apapun untuk kebutuhanmu. Dengan kebiasaan ini diharapkan kamu hanya akan mengeluarkan uang untuk kebutuhan yang benar-benar dibutuhkan dan tidak melakukan utang untuk membeli sesuatu.

  • Memantau Setiap Pengeluaran

Anggaran sudah, melakukan transaksi hanya dengan menggunakan uang tunai pun sudah sekarang kamu hanya tinggal memantau lagi setiap pengeluaran yang kamu lakukan untuk kebutuhanmu. Hal ini dilakukan untuk melihat apakah ada pengeluaran yang tidak terduga ataupun pengeluaran yang sifatnya tidak diperlukan yang sudah terjadi, sehingga ke depannya kamu dapat lebih bijak lagi saat bertransaksi.

Setidaknya hal ini dapat dilakukan 1 hingga 2 kali dalam 1 bulan yaitu di pertengahan dan akhir bulan. Lakukan evaluasi ini apa yang harus dikurangi sekaligus menyortir kebutuhan yang tidak diperlukan.

Baca juga: Cara Jitu Mengoptimalkan Pengeluaran Bulanan!

  • Terapkan Pola Hidup Hemat

Hal ini juga cukup penting untuk dilakukan apabila kamu ingin mengatur keuangan dengan lebih baik. Ya, menerapkan pola hidup hemat, maksudnya pola hidup hemat di sini bukanlah hidup susah melainkan memilah mana yang sebetulnya dibutuhkan bukan yang diinginkan. 

Pastikan barang yang dibeli memang benar-benar dibutuhkan, karena kalau hanya membeli barang yang tidak penting justru akan membuat kamu terus menjadi konsumtif sehingga banyak dana yang dikeluarkan untuk kebutuhan yang tidak perlu.

Itulah beberapa kunci sukses mengatur keuangan keluarga yang bisa diterapkan sehari-hari. Ingat sebisa mungkin untuk membeli sebuah barang yang dibutuhkan bukan yang diinginkan. Jangan lupa juga untuk mempersiapkan dana darurat dengan rutin menabung atau mengembangkan dana agar hasil yang lebih optimal.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]