Tanda-tanda Penghasilanmu Tak Cukup

0
393
Tanda-tanda Penghasilanmu Tak Cukup

Jika kamu merasa penghasilanmu hanya cukup untuk membayar tagihan dan tidak bisa menabung untuk masa depan, maka kamu harus berhati-hati. Ini bisa menjadi salah satu tanda bahwa sesungguhnya penghasilanmu tidak cukup. Pemasukan yang terbatas merupakan masalah yang dapat memengaruhi kualitas hidup. Jika kamu merasa kesulitan dalam bidang finansial, maka kamu perlu segera mengambil langkah untuk meningkatkan penghasilan. Sebelum mencari jalan keluarnya, kenali dulu apa saja tanda jika penghasilan mu tidak cukup.

1. Selalu menggunakan kartu kredit

Tanda-tanda pertama yang mudah terlihat ketika kamu memiliki masalah dengan pendapatan adalah penggunaan kartu kredit menjelang akhir bulan untuk menutupi semua pengeluaran. Mungkin kamu akan berpikir bahwa masalah ini mungkin tidak tampak seperti masalah besar, namun jika setiap bulan tagihannya selalu bertambah, lama-lama hal ini akan menjadi masalah. Usahakan untuk berhenti menggunakan kartu kredit, terlebih untuk kebutuhan konsumtif.

2. Tidak bisa membayar tagihan

Jika kamu harus memilih antara tagihan mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu setiap bulannya, berarti pendapatanmu lebih kecil dari pengeluaran. Kamu harus segera mengatasi hal ini dengan mengurangi tagihan dengan merubah gaya hidup dan turunkan kebutuhan ke level minimum. Contohnya kamu bisa mengurangi membeli barang mewah, berhenti berlangganan layanan streaming film, ataupun lebih berhemat ketika belanja bulanan

3. Kehabisan uang di awal bulan

Tanda lainnya bahwa penghasilanmu tidak cukup adalah kamu terus menerus berjuang untuk memenuhi kebutuhan setelah awal bulan, dengan kata lain uangmu segera habis sesaat setelah menerima gaji. Hal ini juga merupakan indikator bahwa pengeluaran berlebihan mungkin bukan masalah utama. Kamu bisa menyiasatinya dengan mencari pekerjaan tambahan atau pindah ke pekerjaan baru.

4. Tidak bisa menabung dan tidak memiliki dana darurat

Jika kamu sudah kehabisan uang di awal bulan, maka rasanya mustahil kamu bisa menabung dan memiliki dana darurat. Uangmu pasti akan habis untuk membayar tagihan dan kebutuhan lainnya. Ada banyak kebutuhan darurat yang tak terduga yang tidak bisa tertangani jika kamu tidak memiliki tabungan atau simpanan dana darurat. Hal ini tentunya akan menciptakan efek domino karena akan berujung pada utang baru.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut