10 Tambang Emas Terbesar di Dunia, Salah Satunya di Indonesia Lho!

0
171
Tambang Emas Terbesar di Dunia

Emas jadi komoditas bernilai tinggi yang keberadaannya selalu diburu. Oleh karena itu, kekayaan berupa tambang emas jadi aset berharga oleh sebuah negara. Beberapa negara tercatat mempunyai tambang emas terbesar di dunia, dengan kandungan logam mulia yang sangat banyak. 

Nah, di mana saja lokasi tambang emas terbesar dunia tersebut? Berikut ini adalah 10 daftar tambang emas terbesar dunia yang masih beroperasi sampai sekarang: 

10 Tambang Emas Terbesar di Dunia

1. Muruntau

Lokasi tambang emas terbesar di dunia yang pertama adalah Muruntau di Uzbekistan. Area tambang ini berukuran sangat luas, sepanjang 3,3 km, lebar 2,5 km, dan kedalaman 600 meter. Tambang ini pun dikenal sebagai penambangan open pit terbesar dunia yang mampu memproduksi 2 juta ounce emas per tahun. Kabarnya, area tambang ini mempunyai deposit emas mencapai 150 juta ounce

2. Carlin

Tambang emas yang memiliki cadangan terbesar dunia selanjutnya adalah Carlin, Nevada, Amerika Serikat. Area penambangan ini memiliki panjang sejauh 56 km dengan lebar mencapai 8 km. Carlin punya keunikan dibandingkan tambang lain karena kandungan emas yang ada di sini berupa endapan emas invisible yang pengolahannya memerlukan analisis kimia. Meski begitu, produksi emas di Carlin sangat tinggi, mencapai 1,665 juta ounce per tahun. 

3. Olimpiada

Ada pula tambang emas terbesar di dunia yang berada di wilayah Rusia, tepatnya di Olimpiada. Tambang emas Olimpiada dikelola oleh Polyus yang kemudian membuat perusahaan ini sebagai produsen emas terbesar di Rusia. Olimpiada diprediksi memiliki deposit emas mencapai 30 juta ounce dan mampu memproduksi sebanyak 1,2 juta ounce per tahun. 

4. Pueblo Viejo

Republik Dominika juga mempunyai tambang emas terbesar, berada di Puebla Viejo. Area tambang ini dikelola oleh Pueblo Viejo Dominicana Corporation yang merupakan joint ventur antara Barrick Gold dan Newmont. Pada 2020, tambang emas Puebla Viejo mampu memproduksi sebanyak 903 ribu ounce emas. 

Baca juga: Cari Tahu Perbedaan Investasi Emas dan P2P Lending di sini!

5. Grasberg

Selanjutnya, ada tambang emas Grasberg di Papua, Indonesia. Dulu, Grasberg sempat menyandang sebagai tambang emas terbesar di dunia. Apalagi, pada tahun 2001 tempat ini mampu memproduksi sebanyak 3,5 juta ounce emas. Seiring tahun, kemampuan produksi tambang emas ini menurun jadi 848 ribu ounce pada beberapa tahun terakhir. 

6. Cadia East

Setelah Grasberg, ada nama tambang emas Cadia East yang dikenal sebagai tambang emas terbesar di Australia. Tambang ini terdiri dari dua sistem penambangan, yaitu Cadia East Underground Panel Cave Mine dan Ridgeway Underground Mine. Keduanya mampu memproduksi sebanyak 823 ribu ounce emas per tahun. 

7. Kibali

Republik Demokratik Kongo memiliki tambang emas yang tidak kalah besar, terletak di Kibali. Tambang ini terdiri dari tambang terbuka dan bawah tanah yang berjarak sejauh 220 km dari Kota Isro. Pengoperasiannya dilakukan oleh 3 perusahaan, yaitu AngloGold Ashanti, Barrick Gold, dan Société Minière de Kilo-Moto dengan kemampuan produksi mencapai 808 ribu ounce emas per tahun. 

8. Cortez

Selain Carlin, Amerika juga memiliki tambang emas terbesar di dunia lainnya, yaitu Cortez. Tambang emas Cortez berlokasi di Nevada dan telah aktif sejak tahun 1862 dan memproduksi hasil tambang utama berupa perak. Sejak tahun 1940-an, Cortez mulai memproduksi emas sebagai hasil tambang utama dan pada tahun 2020 berhasil menghasilkan sebanyak 772 ribu ounce emas. 

9. Lihir

Papua Nugini mempunyai kekayaan alam tidak kalah dengan negara lain. Negara tetangga ini punya tambang emas terbesar di dunia yang terletak di Lihir dan dioperasikan oleh Newcrest Mining Limited. Lihir berlokasi sejauh 900 km dari Ibu Kota Port Moresby dan terletak kawah gunung api. Hasil produksinya cukup tinggi, mencapai angka 772 ribu ounce per tahun. 

10. Louo Gounkoto

Daftar tambang emas terbesar dunia yang terakhir adalah Loulo Gounkoto yang terletak di Mali. Kepemilikan tambang mayoritas oleh Barrick sebanyak 80% dan 20% sisanya milik Pemerintah mali. Pada 2020, tambang emas ini mampu memproduksi sebanyak 544 ribu ounce emas. 

Itulah informasi mengenai daftar 10 tambang emas terbesar dunia yang menarik untuk diketahui. Semoga bermanfaat, ya. 

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 10,5%-12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]