Setiap Delapan Detik Ada Satu Orang Transfusi Darah

0
557

Tema Hari Donor Darah Sedunia “Give Blood and Keep The World Beating”

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan tanggal 14 Juni sebagai Hari Donor Darah Sedunia. Penetapan ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat, pemerintah maupun lembaga terkait di seluruh dunia mengenai pentingnya donor darah. Sebagai gambaran, menurut Palang Merah Indonesia (PMI) setiap delapan detik, ada satu orang yang membutuhkan transfusi darah di Indonesia.

Tema Hari Donor Darah Sedunia 2021

Pada tahun 2021, tema Hari Donor Sedunia adalah “Give blood and keep the world beating“. Pesan ini menekankan pentingnya kontribusi donor darah untuk menjaga dunia tetap berdetak dengan menyelamatkan nyawa dan meningkatkan kesehatan orang lain, terlebih di masa pandemi. 

Seruan global ini juga bertujuan agar lebih banyak orang di dunia yang mendonorkan darah secara teratur serta berkontribusi pada kesehatan yang lebih baik. Secara khusus, fokus tema Hari Donor Darah tahun ini adalah peran kaum muda dalam memastikan suplai darah yang aman. Di sejumlah negara, kaum muda telah menjadi garda depan untuk mewujudkan suplai darah yang aman dengan menjadi sukarelawan donor darah. 

Donor Darah di Masa Pandemi

Donor darah bisa dilakukan siapa saja yang memiliki kondisi badan sehat serta tidak terinfeksi penyakit yang bisa ditransmisikan melalui darah. Usia pendonor darah umumnya direkomendasikan mulai dari 17-65 tahun. 

Di masa pandemi, Sobat jangan khawatir untuk mendonorkan darah. PMI menjelaskan, protokol kesehatan tetap diterapkan untuk prosedur pengambilan darah. Begitu pula, Sobat yang ingin mendonorkan darah harus melakukan protokol kesehatan. Seluruh protokol ini berlaku untuk kegiatan donor darah di rumah, mobil PMI maupun unit-unit donor darah PMI. 

Tips Donor Darah

Sebelum mendonorkan darah, petugas akan memeriksa suhu tubuh, denyut nadi, tekanan darah dan kadar hemoglobin kamu. Pastikan kamu beristirahat nyenyak dan cukup sebelum mendonor. Jangan lupa sarapan pagi atau makan siang sebelum mendonor ya, Sob. 

Perbanyak minum (air putih, jus, susu) sebelum dan setelah mendonor. Usahakan rileks saat mendonor. Sobat bisa tetap melanjutkan kegiatan setelah mendonor, asal hindari aktivitas fisik yang berat.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]