Rekomendasi Tanaman Hias yang Cocok untuk Pemula

0
969
Rekomendasi Tanaman Hias yang Cocok untuk Pemula

Merawat tanaman hias merupakan salah satu kegiatan yang digemari di tengah pandemi seperti saat ini. Tidak hanya mempercantik tampilan rumah, berkebun juga dapat meningkatkan mood dan meningkatkan kualitas udara di rumah. Kalau kamu baru mau mulai belajar berkebun, tidak ada salahnya memilih tanaman yang mudah perawatannya. Terdapat jenis-jenis tanaman hias untuk pemula yang memiliki manfaat dan minim perawatan. Jenis-jenis ini juga cocok dipelihara oleh kamu yang tidak memiliki waktu yang banyak karena kesibukan, artinya tanaman hias ini tidak mudah mati dan hanya perlu disiram sesekali saja. Berikut rekomendasi tanaman hias yang mudah dirawat dan banyak dijual di pasaran.

1.    Sanseviera/Lidah Mertua

Jika kamu yang mencari tanaman yang minim perawatan, maka Sanseviera atau yang lebih dikenal dengan nama Lidah Mertua merupakan pilihan yang tepat. Perawatan Lidah Mertua cenderung mudah dilakukan, pasalnya tanaman ini bisa hidup baik di dalam rumah dengan pot ataupun di pekarangan. Tanaman ini memiliki bentuk daun runcing dengan pola unik. Lidah mertua bisa bertahan hidup meski tidak disiram selama seminggu sehingga jika kamu tak perlu sering-sering menyiramnya.

2.    Aglonema/Sri Rejeki

Aglonema atau Sri Rejeki dapat diletakkan di dalam rumah maupun di luar.ruangan. Menyiram Aglonema hanya perlu dilakukan satu atau dua kali dalam seminggu sehingga perawatannya mudah dilakukan. Tanaman yang memiliki daun lebar ini juga tidak membutuhkan banyak cahaya matahari untuk tumbuh dengan baik. Tanaman ini justru dapat tumbuh lebih baik jika tidak terkena sinar matahari langsung karena daunnya bisa menguning dan layu.

3.    Kaktus

Tanaman yang paling mudah dirawat untuk pemula adalah Kaktus, bahkan jika dibiarkan saja tanpa perawatan pun kaktus masih dapat tumbuh dengan baik. Kamu hanya perlu memberi kaktus udara segar sesekali dengan menjemurnya di luar ruangan atau dapat diletakkan di dekat jendela agar Kaktus mendapat sinar matahari yang cukup. Namun kaktus memiliki duri yang cukup berbahaya, jadi berhati-hatilah dan pastikan peletakannya jauh dari jangkauan anak-anak.

4.    Monstera

Tanaman dengan bentuk daun yang berlubang ini tengah digemari oleh masyarakat karena bentuknya yang unik dan menambah estetika. Kamu cukup meletakkan monstera di ruangan yang terang dengan pencahayaan cukup, lalu sirami ketika permukaan tanah mengering. Monstera juga bisa tumbuh tinggi hingga mencapai beberapa meter.

5.    Lili Paris

Lili Paris merupakan tanaman yang berbentuk seperti semak yang memiliki daun memanjang. Tanaman ini dapat tumbuh dimana saja dan mudah dirawat, kamu hanya perlu menyiramnya setiap pagi dan potong daun-daunnya jika tampak kering. Selain mempercantik rumah, tanaman ini juga berfungsi untuk membersihkan udara dari polusi

6.    Aloe Vera/Lidah Buaya

Lidah buaya atau aloe vera adalah jenis tanaman yang mudah dirawat dan cocok untuk pemula. Tanaman dengan daun yang tebal dan sedikit berduri di tepinya ini  juga punya banyak manfaat yaitu mampu menjernihkan udara, sedangkan gel yang berasal dari daunnya dapat digunakan untuk mengurangi iritasi dari goresan atau luka bakar. Untuk perawatannya sendiri cukup disiram secara berkala, tunggu tanah kering baru disiram, dan bisa diberi pupuk satu tahun sekali.

Nah, itu dia rekomendasi tanaman hias yang cocok untuk pemula. Meski minim perawatan, kamu tetap harus berkomitmen untuk merawatnya ya!

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut