Peran Underwriter dalam Proses IPO: Mengapa Penting dan Apa yang Dikerjakan?

0
677
Peran Underwriter dalam Proses IPO: Mengapa Penting dan Apa yang Dikerjakan?

Dalam proses IPO (Initial Public Offering) sebuah perusahaan yang ingin menawarkan saham kepada public untuk pertama kalinya, peran underwriter atau penjamin emisi sangat penting. Mereka bertanggung jawab untuk membantu perusahaan menerbitkan dan menjual saham kepada investor. Keberhasilan IPO suatu perusahaan sering kali bergantung pada peran dan dukungan underwriter yang baik. Namun, apa sebenarnya peran underwriter dalam proses IPO dan mengapa mereka begitu penting?

1. Menyusun dan Mengatur IPO

Underwriter membantu perusahaan dalam menyusun dan mengatur IPO. Mereka membantu menentukan harga penawaran saham, jumlah saham yang akan ditawarkan, dan tanggal pelaksanaan IPO. Underwriter bekerja sama dengan perusahaan untuk mengidentifikasi investor potensial dan menciptakan strategi pemasaran yang efektif.

2. Menyediakan Penjaminan dan Likuiditas

Salah satu peran utama underwriter adalah menyediakan penjaminan dan likuiditas bagi perusahaan yang melakukan IPO. Mereka membeli saham dari perusahaan dengan harga tertentu dan bertanggung jawab untuk menjual saham tersebut kepada investor. Dengan demikian, underwriter memberikan jaminan bahwa perusahaan akan mendapatkan dana yang dibutuhkan melalui penjualan saham.

3. Melakukan Due Diligence

Underwriter melakukan due diligence untuk memastikan keuangan perusahaan yang akan melakukan IPO dalam kondisi yang baik. Mereka menganalisis laporan keuangan, prospek bisnis, manajemen perusahaan, dan faktor-faktor lain yang dapat memengaruhi kinerja perusahaan di masa mendatang. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa perusahaan memiliki potensi pertumbuhan yang menarik bagi investor.

4. Menghubungkan Perusahaan dengan Investor

Underwriter berperan sebagai perantara antara perusahaan dan investor. Mereka memiliki jaringan luas dan hubungan yang baik dengan investor institusional, seperti dana pensiun, dana investasi, dan perusahaan sekuritas lainnya. Underwriter menggunakan jaringan ini untuk mempromosikan IPO kepada investor potensial dan mendapatkan minat yang tinggi dalam penawaran saham.

5. Mengatur Roadshow dan Penawaran Saham

Underwriter membantu mengatur roadshow, yaitu presentasi perusahaan kepada investor potensial untuk mempromosikan IPO. Mereka juga bertanggung jawab untuk mengelola penawaran saham kepada investor, termasuk pengalokasian saham dan pengaturan alokasi saham antara investor institusional dan investor ritel.

6. Memberikan Advis Keuangan

Selain itu, underwriter juga berperan untuk memberi advis keuangan bagi perusahaan yang melakukan IPO. Mereka memberikan saran mengenai strategi penawaran saham, struktur modal, dan implikasi keuangan dari IPO. Underwriter bekerja sama dengan tim manajemen perusahaan untuk memastikan bahwa IPO berjalan dengan lancar dan menguntungkan bagi semua pihak yang terlibat.

TERUS IKUTI PERKEMBANGAN IPO GRUP AKSELERAN

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut