Manajemen: Pengertian, Fungsi, dan Prinsip-prinsip Dasar Manajemen untuk Keberhasilan Bisnis

0
537
Pengertian Manajemen

Manajemen adalah pilar bagi sebuah organisasi atau perusahaan. Tanpa manajemen yang baik, mustahil tujuan suatu organisasi atau perusahaan bisa tercapai.

Pada dasarnya, manajemen adalah proses pengelolaan terhadap sesuatu untuk mencapai tujuan tertentu. Penerapan manajemen perlu dilakukan baik untuk kebutuhan pribadi maupun organisasi atau bisnis. Karena itu, untuk tahu lebih lengkap tentang manajemen, cek informasi berikut ini!

Apa yang Dimaksud dengan Manajemen?

Manajemen memiliki arti yang cukup luas. Bisa mencakup mengenai pengelolaan waktu, sumber daya hingga suatu kegiatan. Dalam lingkupnya, ada 6 unsur manajemen yang perlu Anda tahu, yaitu manusia, uang, material, mesin, metode, pasar. 

Secara umum, arti manajemen adalah proses yang dilakukan oleh seseorang dalam mengatur suatu kegiatan, baik yang dilakukan oleh perorangan atau kelompok untuk tujuan tertentu.

Jika mengacu pada KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), manajemen memiliki 2 arti, yaitu:

  • Penggunaan sumber daya secara efektif untuk mencapai sasara. 
  • Pemimpin yang bertanggung jawab atas jalannya perusahaan dan organisasi. 

Dalam bisnis, manajemen adalah bagaimana bisnis mengatur serta mengarahkan alur kerja, operasi dan karyawan dengan tujuan untuk memenuhi suatu tujuan perusahaan.

Tujuan dan Fungsi Manajemen

Dalam manajemen, ada tujuan dan fungsi. Tujuan itu sendiri berbeda-beda. Pada umumnya adalah untuk mengoptimalkan penggunaan sumber daya sesuai perencanaan. 

Sedangkan untuk fungsinya, mencakup perencanaan hingga pengawasan dan evaluasi. 

Tujuan Penerapan Manajemen

Apa tujuan utama dari manajemen? Pada dasarnya, tujuan dari manajemen adalah mencapai proses dengan perencanaan yang sudah ditentukan. 

Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan hasil maksimal dengan menggunakan sumber daya yang ada. Jika dijabarkan, ada beberapa tujuan dari manajemen, yaitu:

  • Menjalankan serta menilai strategi perencanaan agar sesuai arahan.
  • Peninjauan terhadap pelaksanaan fungsi manajemen. 
  • Melakukan pembaharuan fungsi manajemen terutama di bagian strategi pelaksanaan agar target tercapai. 
  • Meninjau dan menganalisis kekuatan, kelemahan organisasi hingga ancaman yang mungkin terjadi. 
  • Membuat terobosan baru atau inovasi untuk meningkatkan kerja agar bisa mencapai target. 

Fungsi Penerapan Manajemen

Ada 4 fungsi dari penerapan manajemen atau 4 langkah manajemen yang perlu Anda tahu, yaitu:

1. Perencanaan (Planning)

Mengatur atau managing berfungsi untuk penyusunan rencana atau perencanaan. Dalam hal ini, perencanaan bisa berkaitan dengan strategi yang akan Anda terapkan untuk mencapai tujuan. Karena hal tersebut, dalam perencanaan ada unsur 5W dan 1H (what, when, why, where, who, dan how).

2. Pengorganisasian (Organizing)

Kedua adalah pembagian tugas sesuai dengan kemampuan yang dimiliki atau organizing. Fungsi dari manajemen ini membantu setiap anggota tim atau pihak yang terlibat mampu bekerja sama sesuai dengan kemampuannya masing-masing. 

Misalnya dalam suatu perusahaan, setiap orang, mulai dari anggota, staf, manajer, direktur hingga CEO, memiliki tugasnya sendiri-sendiri. Dengan begitu, tujuan bisa tercapai dengan baik. 

3. Pengarahan (Actuating)

Fungsi dari manajemen yang lain adalah pengarahan. Artinya, setelah tugas dibagi sesuai dengan kemampuan masing-masing pihak, maka selanjutnya adalah pengarahan. Action dan melakukan tugasnya sesuai dengan rencana yang telah Anda susun sebelumnya. 

Pengarahan ini perlu Anda lakukan dengan baik agar risiko terjadinya hambatan bisa Anda minimalkan sehingga lebih mudah untuk mencapai tujuan. 

4. Pengawasan dan Evaluasi (Controlling)

Fungsi dari manajemen juga mencakup tentang evaluasi dari hasil kerja yang Anda lakukan. Dengan adanya kontrol, Anda bisa tahu apakah rencana sudah berjalan dengan baik atau perlu adanya perubahan dan perbaikan. 

Di sisi lain, adanya pengawasan membantu agar pekerjaan tersebut bisa berjalan dengan baik dan mencapai tujuan yang Anda tentukan. Dengan kata lain, pengawasan meminimalisir terjadinya penyimpangan yang bisa menghambat tercapainya suatu tujuan manajemen. 

Baca juga: Pengertian Evaluasi : Tujuan, Prinsip, Fungsi hingga Proses Penerapannya

Tipe Manajemen yang Perlu Anda Tahu

Manajemen memiliki cakupan yang luas. Namun, ada beberapa tipe manajemen yang perlu Anda tahu, yaitu:

Manajemen Produksi

Jenis atau tipe manajemen produksi adalah sistem penataan yang berkaitan dengan aktivitas produksi. Mulai dari memilih dan menyiapkan bahan baku hingga penyelesaian produksi dan produk siap untuk dipasarkan ke konsumen. 

Ada beberapa tujuan manajemen produksi, yaitu:

  • Mengelola SDM secara maksimal untuk menghasilkan produk yang optimal. 
  • Mengatur tenaga kerja sesuai keahliannya. 
  • Mengelola alat produksi, mulai pembelian hingga perawatan sehingga meminimalisasi terjadinya kerusakan. 

Manajemen Pemasaran

Jenis manajemen pemasaran adalah aktivitas manajemen untuk mengidentifikasi apa yang konsumen butuhkan dan bagaimana cara memenuhi kebutuhan tersebut. 

Tujuannya adalah untuk:

  • Menciptakan atau meningkatkan permintaan (demand) dan keuntungan.
  • Menarik dan menciptakan pelanggan baru.
  • Memuaskan pelanggan. 
  • Menciptakan produk dan image yang baik di publik. 

Karena hal tersebut, fungsi dari manajemen pemasaran, di antaranya:

  • Melakukan analisis pasar. 
  • Mencari dan menentukan segmentasi pasar.
  • Menetapkan target atau pasar sasaran. 
  • Penempatan pasar. 
  • Perencanaan pemasaran. 

Manajemen Sumber Daya Manusia

Jenis manajemen yang kerap disebut juga sebagai manajemen tenaga kerja atau personalia ini mengatur tentang orang yang berkaitan di dalamnya. Dalam hal ini adalah seluruh pegawai. 

Perusahaan yang memiliki sistem kompleks, membutuhkan manajer SDM agar bisa merekrut, menyeleksi serta menempatkan pegawai dengan keahlian dan posisi yang tepat. 

Ada 4 tujuan dari manajemen personalia, yaitu:

  • Sosial: tanggung jawab perusahaan secara sosial dan etis atas keutuhan dan tantangan masyarakat agar dapat meminimalkan dampak negatif. 
  • Organisasional: memiliki organisasi yang mampu untuk mencapai tujuan perusahaan. 
  • Fungsional: mempertahankan kontribusi departemen SDM sesuai kebutuhan organisasi. 
  • Individual: tujuan pribadi setiap organisasi untuk mencapai tujuan dalam organisasi. 

Manajemen Keuangan

Sesuai namanya, jenis manajemen ini mengatur mengenai keuangan. Bisa berkaitan dengan modal hingga pengeluaran biaya. Jadi, seorang manajer keuangan memiliki tugas utama untuk mengatur arus lalu lintas keuangan perusahaan. 

Tujuan dari manajemen keuangan, yaitu:

  • Meningkatkan profitabilitas, likuiditas dan nilai perusahaan. 
  • Meminimalisir risiko keuangan. 
  • Menjaga hubungan baik antar pemangku kepentingan, terutama investor. 

Manajemen Perkantoran

Tipe manajemen ini menitikberatkan pada cara mengelola atau mengatur kantor. Ruang lingkup jenis manajemen ini adalah aktivitas kantor dan sarana prasarana perkantoran. 

Dengan begitu, suatu organisasi seperti perusahaan memiliki kelancaran kegiatan administrasi yang baik. 

Contoh Manajemen yang Baik dan Efisien

Banyak teori yang menjabarkan tentang manajemen. Namun, bagaimana manajemen yang baik dan efisien?

Anda bisa mengambil contoh perrusahaan Google. Perusahaan dari Amerika Serikat ini memiliki salah satu sistem manajemen HR yang terbaik.  Perusahaan dengan karyawan yang mencapai lebih dari 70 ribu orang ini memiliki budaya perusahaan yang baik. 

Google selalu melakukan inovasi dalam proses manajemennya. Termasuk dalam perekrutan pekerjanya. Karena hal tersebut, perusahaan yang berpusat di Mountain View, California ini selalu bisa beradaptasi dengan perubahan zaman. 

Tidak hanya itu, Google juga menyediakan tempat kerja dan jam kerja yang membuat para pekerjanya nyaman. Misalnya menyediakan sport center

Hal tersebut karena Google memiliki filosofi, jika menggunakan alat yang tepat, Anda bisa menarik talent terbaik, membangun/membentuk kebahagiaan sehingga membuat produktivitas pekerja meningkat.Jadi, manajemen adalah aktivitas yang mengatur suatu kegiatan untuk mencapai tujuan tertentu. Dengan proses manajemen yang baik, Anda bisa mencapai tujuan dan meminimalisir risiko kerugian yang tak Anda inginkan.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].