Persiapkan 5 Hal Ini Sebelum Mengajukan Peminjaman Modal Usaha

0
916
Peminjaman Modal Usaha

Peminjaman Modal Usaha – Saat memiliki sebuah usaha tentu kamu ingin usaha milikmu itu dapat berkembang. Namun untuk membuat usaha tersebut berkembang banyak hal yang dapat kamu lakukan untuk mendukung perkembangan usahamu. Beberapa hal tersebut bisa berupa mengembangkan tempatnya untuk lebih banyak menampung para customer, membuat cabang di beberapa daerah lainnya, meningkatkan jumlah produksi dan berbagai hal lainnya. Namun, untuk mewujudkan itu semua tentu membutuhkan modal sebagai pendukungnya.

Tetapi masalahnya bukan itu, persoalan modal ini memang tidak semudah yang dibayangkan. Saat mengajukan pinjaman modal usaha ini tentu membutuhkan persyaratan dan beberapa prosedur yang harus diikuti sebelum pinjaman itu cair. Namun, banyak UKM yang justru malah ditolak pengajuannya dikarenakan tidak melengkapi persyaratan yang diberikan. Karena itu, sebelum mengajukan pinjaman modal usaha kamu perlu mempersiapkannya terlebih dahulu agar hasilnya berjalan lebih optimal.

  • Ketahui Kebutuhan dari Usaha yang Kamu Jalankan

Terlebih dahulu kamu harus mengetahui kebutuhan dari usaha yang kamu akan jalankan. Tujuannya adalah agar dapat menentukan kisaran modal yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha tersebut. Jika usaha yang kamu dirikan kebutuhannya tidak terlalu besar, seperti contohnya usaha rumahan maka modal yang dibutuhkan relatif tidak besar. Tapi jika usaha yang kamu buat akan memiliki skala besar seperti franchise makanan yang sudah memiliki nama besar, maka sudah pasti modal yang dibutuhkan tentunya dapat mencapai ratusan juta.

Karena itu penting untuk mengetahui dulu kebutuhan dari usaha yang kamu akan jalankan, agar pengajuan peminjaman modal usaha kamu dapat lebih optimal penggunaannya.

  • Lakukan Perhitungan Modal dengan Baik

Jika sudah mengetahui kebutuhan usaha tersebut secara matang, maka kamu tinggal melakukan perhitungan modal dengan baik. Dengan merencanakan seperti ini, kamu dapat menyiapkan segalanya dengan lebih baik. Buat secara detail, apa saja yang dibutuhkan saat akan membuka usaha, mulai dari membeli bahan baku usaha, biaya operasional, biaya gaji pegawai dan beberapa persiapan lainnya.

Setelah selalu menghitung modal yang dibutuhkan, kamu juga perlu melakukan perhitungan peminjaman modal usaha tersebut. Hal ini sangat perlu diperhatikan, agar kamu dapat membuat target penjualan perhari atau perbulan sehingga pembayaran cicilannya dapat dibayar tepat waktu dan sesuai.

Baca juga: Ini Pinjaman Modal Usaha yang Mudah, Aman dan Menguntungkan!

  • Siapkan Persyaratan dengan Baik

Persiapkan persyaratan yang dibutuhkan untuk pengajuan pinjaman tersebut. Jika persyaratan yang ada tidak lengkap, maka bukan tidak mungkin pengajuan pinjaman yang kamu ajukan ditolak.

Beberapa syarat umum yang diperlukan biasanya adalah KTP, NPWP, SIUP, dan rekening koran. Namun, tidak menutup kemungkinan dengan beberapa persyaratan tambahan oleh sebagian layanan penyedia pinjaman.

  • Perhatikan Ketentuan yang Ada

Selanjutnya adalah memperhatikan ketentuan yang ada dan berlaku pada pinjaman modal usaha tersebut. Ketentuan setiap penyedia layanan pinjaman biasanya berbeda-beda, tidak semuanya sama. Karenanya, kamu perlu melihat perbedaan dari setiap layanan pinjaman ini untuk mendapatkan pinjaman yang terbaik untuk modal usaha kamu. 

Perhatikan hal-hal seperti plafon pinjaman, tenor, suku bunga, cicilan per bulan, denda keterlambatan, penalti (apabila pembayaran lunas sebelum waktunya), hingga biaya-biaya administrasi lainnya yang dikenakan.

Landing Page Ebook

  • Pilih Penyedia yang Terpercaya

Yang terpenting adalah cari penyedia layanan pinjaman yang mudah, aman dan terpercaya. Penting untuk kamu mendapatkan penyedia layanan pinjaman yang cocok dan sesuai dengan kamu. Karena jika kamu tidak ingin hal-hal buruk terjadi seperti adanya risiko terhadap penipuan dan sebagainya apabila kamu salah memilih penyedia pinjaman.

Salah satu usaha yang dapat kamu lakukan untuk memastikan apabila penyedia layanan pinjaman tersebut terpercaya adalah melakukan check terhadap keberadaan penyedia layanan tersebut, perhatikan regulasi yang dimiliki layanan tersebut dan pastikan sudah terdaftar resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Apabila kamu sudah yakin barulah kamu dapat mulai mengajukan peminjaman modal usaha kamu.

Ajukan Pinjaman Sekarang dan Dapatkan Kemudahan Pinjaman Modal Usaha di Akseleran!

BLOG100 Akseleran Apps

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 dan dapatkan dana awal sebesar Rp100 ribu saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here