8 Peluang Investasi yang Menjanjikan dan Paling Cuan

0
920
Peluang Investasi

Peluang investasi tetap saja ada meskipun terdapat terpaan adanya isu resesi global pada 2023, tentu saja membuat para investor mulai khawatir terhadap kinerja portofolio mereka.

Namun, bila berkaca pada krisis yang telah terjadi sebelumnya, kondisi ini malah dapat menjadi peluang pada reksadana terlebih kondisi ekonomi Indonesia yang masih terbilang positif.

Investasi tidak bisa dilakukan asal-asalan. Sebab investasi tanpa ilmu dan melihat peluang dengan tepat akan membuat Anda rugi di akhir. 

Anda perlu menyusun strategi yang tepat dalam berinvestasi agar mendapatkan keuntungan seperti yang Anda harapkan. Salah satu strategi yang harus Anda kuasai adalah melihat peluang. Lantas apa saja peluang yang menjanjikan nantinya? Berikut pembahasannya!

Apa itu Peluang Investasi?

Peluang investasi adalah suatu kemungkinan untuk Anda melakukan investasi dengan tujuan mendapatkan keuntungan di masa mendatang melalui sebuah produk yang terdapat pada suatu lembaga keuangan.

Adanya peluang ini juga dimaksudkan untuk mencari instrumen investasi tepat yang kiranya bisa menghasilkan keuntungan lebih dari instrumen jenis lainnya. Adanya peluang ini tidak terlepas dari trend, profit hingga risikonya.

Memahami suatu peluang menjadi kunci utama untuk mendapatkan keuntungan dari investasi yang dilakukan. Bagi Anda yang masih kebingungan mencari peluang investasi menjanjikan dan cuan di masa mendatang, berikut rekomendasi investasi menjanjikan yang dapat Anda coba.

Daftar Peluang Investasi Menjanjikan

Bagi para investor, terlebih investor pemula dapat mencoba berinvestasi di beberapa investasi yang memiliki peluang berikut:

Investasi Saham

Di Indonesia sendiri, peluang investasi saham dari tahun ke tahun terlihat semakin meningkat. Mungkin Anda sudah tidak lagi asing mendengar dan melihat tren akhir-akhir ini banyak orang ramai memamerkan aset saham mereka di sosial media. 

Dilihat dari trend pamer saham tersebut, Anda dapat melihat dan menilai sendiri jika investasi saham kini mulai menarik perhatian banyak kalangan terutama generasi millenial.

Investasi saham merupakan salah satu investasi yang menjanjikan dan dapat memberikan keuntungan yang lebih cuan daripada jenis investasi lainnya.

Saham sendiri merupakan instrumen investasi yang dapat membuktikan jika pemilik saham merupakan bagian dari kepemilikan perorangan, aset, ataupun perusahaan dan lainnya.

Manfaat dari investasi saham ini adalah pembagian dividen dan selisih harga jual serta harga beli.

Namun Anda harus bisa melakukan analisa yang benar sebab investasi saham bersifat tinggi risiko namun tinggi keuntungan.

Emas

Investasi emas merupakan salah satu jenis investasi yang tidak akan ada matinya. Emas tetap saja menjadi salah satu instrumen investasi dari berbagai usia. Investasi emas merupakan jenis investasi yang memiliki harga stabil yang tidak terlalu terpengaruh oleh gejolak inflasi.

Emas sudah dikenal sejak zaman dahulu sebagai salah satu jenis investasi yang menguntungkan. Banyak masyarakat yang membeli dan kemudian menyimpan emas dirumah sebagai jaminan untuk kebutuhan di masa mendatang.

Jika sewaktu-waktu membutuhkan modal atau terdesak kebutuhan, masyarakat akan menjual emas tersebut. 

Kemudahan untuk menukarkan dan mencairkannya membuat banyak masyarakat memilih untuk berinvestasi emas. Investasi emas dapat dikatakan lebih stabil dibandingkan dengan jenis investasi lainnya. Terlebih nilai emas yang semakin lama semakin naik tentunya menjadi keuntungan tersendiri bagi investor yang memilih berinvestasi emas. Karena itulah emas dapat menjadi jenis investasi jangka panjang.

Investasi emas juga cukup mudah dilakukan baik untuk membelinya maupun menjualnya. Bahkan saat ini mulai menjamur platform yang menyediakan fasilitas mencicil emas dengan online.

Tak hanya platform, beberapa lembaga juga menyediakan layanan jual beli emas secara online yakni Pegadaian hingga Brankas LM Antam. Adanya platform dan lembaga tersebut membuat siapapun dapat memiliki tabungan dan berinvestasi emas tanpa memerlukan budget besar di awal.

Investasi Reksadana

Bila Anda merupakan investor pemula yang belum memiliki ilmu yang mantap di pasar modal, Anda dapat mencoba reksadana. Modal yang dibutuhkan lebih murah daripada investasi saham, meski begitu peluang investasi reksadana tidak kalah dengan investasi saham.

Sama halnya dengan saham, reksadana memiliki popularitas yang juga tinggi dikalangan masyarakat. Terlebih hanya dengan modal Rp.10.000 saja Anda dapat memulai investasi reksadana.

Perlu diingat bahwa investasi mengandung risiko sehingga investor perlu membekali diri mengenali peluang. Namun untuk semua jenis profil risiko, berinvestasi di reksadana pasar uang umumnya lebih stabil. Reksadana sendiri memiliki beberapa jenis yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan. Diantaranya yakni reksadana saham dan indeks.

Alternatif Investasi P2P Lending

Instrumen P2P lending juga tidak kalah dengan beberapa investasi lainnya. Peer to Peer Lending atau P2P lending adalah sebuah platform yang menjadi penghubung antara orang yang mau meminjamkan dana (Borrower) dengan investor yang akan memberikan pinjaman (Lender).

Investasi P2P lending investor akan mendapatkan pengembalian pokok pinjaman serta bunga dari pinjaman tersebut. Itulah alasan mengapa investasi ini menjadi instrumen favorit karena mudah dan keuntungan yang diberikannya.

Keuntungan berinvestasi P2P lending dapat mencapai 12 hingga 16 persen pertahunnya. Namun pastikan untuk berinvestasi pada P2P lending di perusahaan peminjaman online yang telah memiliki lisensi dari Otoritas Jasa Keuangan atau OJK.

Investasi SBN Sukuk Syariah

SBN Sukuk Syariah adalah surat berharga negara yang memiliki sifat sebagai hutang dan pemerintah telah menerbitkannya dan menjaminnya. Karena dijamin oleh pemerintah, maka investasi ini termasuk jenis investasi yang aman namun tetap bisa mendapatkan return dan keuntungan yang besar.

SBN sendiri memang sengaja pemerintah keluarkan agar dapat melibatkan masyarakat dalam perekonomian Indonesia. SBN sekarang ini laris di kalangan investor sebab bunga yang ditawarkan cukup tinggi, yakni lebih dari 6%.

Investasi Obligasi

Investasi obligasi merupakan surat utang yang dapat dipindahtangankan dan sifatnya berjangka panjang. Obligasi dapat dikeluarkan oleh Korporasi ataupun negara. Investasi ini juga dinilai mempunyai return yang baik karena bunga yang ditawarkan lebih tinggi dari bunga BI. Sementara, untuk risikonya bisa dikatakan nyaris tidak ada terlebih jika obligasinya pemerintah yang mengeluarkan.

Investasi Deposito

Peluang deposito juga tak kalah menguntungkan terutama bagi investor awal yang ingin investasi dengan risiko rendah dan tahan terhadap inflasi. Investasi deposito memiliki peluang keuntungan 5-7% setiap tahunnya. Deposito juga terbilang aman sebab dikelola secara transparan dan diawasi secara ketat oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Investasi Properti

Investasi properti dapat menjadi peluang investasi cuan dimasa mendatang. Hal ini lantaran investasi properti tidak mudah termakan oleh waktu dan zaman. Misalnya saja, dalam keadaan darurat, orang tetap saja membutuhkan tempat tinggal. Terlebih nilai investasinya cenderung tumbuh dengan positif.Itulah peluang investasi menjanjikan yang dapat Anda coba. Pilihlah investasi yang paling sesuai dengan kebutuhan dan modal Anda. Isu resesi tahun depan sudah menjadi  keharusan bagi Anda untuk mulai memikirkan investasi dari sekarang. Jadi investasi apa yang akan Anda coba?

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].