Pelajaran yang Bisa Diambil dari Permainan Monopoli

1
171
Pelajaran yang Bisa Diambil dari Permainan Monopoli

Apakah kamu gemar bermain Monopoli? Permainan yang dimainkan secara berkelompok ini memiliki aturan yang sederhana, di mana para pemain melempar dadu dan diberikan sejumlah uang mainan dan uang tersebut bisa dibelanjakan untuk membeli kota ataupun perusahaan. Tak hanya bisa memberikan hiburan, ternyata ada banyak pelajaran finansial yang bisa dipetik dari permainan ini. Apa saja pelajaran tersebut? Simak penjelasan di bawah ini!

1. Atur Uang dengan Bijak

Dalam bermain monopoli, kamu tidak bisa menang jika bersikap pasif. Kamu harus pandai mengatur uang dengan bijak dan harus berani ambil risiko untuk mengambangkan aset. Kamu juga harus menghindari pemborosan dan ingin membeli semua aset yang kamu lewati. Tentu saja, hal ini bisa kamu terapkan di dunia nyata.

2. Ketahui Tujuan yang Ingin Dicapai

Permainan ini juga mengajarkan kita untuk menentukan tujuan yang ingin dicapai. Singkatnya, jika kamu tak punya rencana untuk jangka panjang, kamu akan mengalami kesulitan dalam mengatur keuangan di kemudian hari.

3. Kelola Aset dengan Baik

Kamu juga diajarkan untuk mengelola aset dengan baik dalam permainan monopoli. Dimulai dari uang yang kamu miliki sejak awal hingga bagaimana kamu memakainya untuk membeli berbagai aset. Kamu akan jadi pemenang jika di akhir permainan jumlah uang dan asetmu paling banyak.

4. Investasi

Makin banyak aset yang kamu miliki, maka makin banyak juga kesempatan mu untuk mendapatkan passive income. Contohnya jika ada pemain lain yang berhenti di aset kamu, maka ia wajib membayar. Inilah pendapatan pasif yang di maksud.

5. Hindari Utang

Dalam permainan Monopoli, kamu diperbolehkan pinjam uang pada. Meski awalnya hal ini memudahkan kamu untuk membeli tanah, rumah atau hotel namun berhutang pada akhirnya akan membuat kamu mengalami kesulitan dalam mengelola finansial. Karena itu, hindari pula berhutang di dunia nyata.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut