Kamu Tipe Pekerja Keras atau Pekerja Cerdas?

0
3911
Pekerja Keras

Orang yang suka kerja keras dalam setiap pekerjaannya tentu akan mendapatkan hasil yang lebih baik dibandingkan mereka yang tidak. Namun, ingat! Kerja keras bukanlah soal berapa lama dihabiskan untuk melakukan sebuah pekerjaan, tetapi bagaimana ia dapat mengatur cara kerjanya. Biasanya seorang pekerja keras tentu tidak akan capek dalam mengejar suatu ambisi atau impian yang sudah dibangun, tetapi bukan hanya soal pekerja keras namun pekerja juga harus bisa bekerja cerdas.

Jadi, mana yang lebih baik pekerja keras atau pekerja cerdas? Namun, sebelum mengetahui perbedaan dari pekerja keras dan pekerja cerdas kita akan membahas ciri-ciri keduanya.

Pekerja Keras

  • Memiliki Tujuan yang Jelas

Ini adalah hal yang paling penting, kita mungkin bisa merasakan kegagalan dalam setiap pekerjaan yang kita jalani, apabila tidak memiliki tujuan yang jelas. Karena itu, mereka yang memiliki tujuan dengan jelas tentu akan mendapatkan hasil yang lebih baik karena ia dapat menentukan setiap langkahnya sesuai dengan prioritas.

Pekerja keras akan menyisihkan banyak waktunya untuk melakukan hal-hal yang memiliki prioritas lebih tinggi. Karena prioritas yang lebih tinggi itu akan memiliki dampak lebih besar terhadap sesuatu yang dijalaninya.

  • Selalu Berusaha Memperbaiki Diri

Jangan cepat berpuas diri. Salah satu ciri para pekerja keras adalah dengan mempertahankan hal terbaik yang dimilikinya, lalu mencoba terus untuk meningkatkan hal tersebut. Dengan sifat itu mereka memiliki komitmen untuk terus berkembang untuk menjadi sosok yang lebih baik. Sehingga tidak hanya pada dirinya, pada pekerjaannya pun ia dapat menerapkan hal tersebut.

  • Menggunakan Waktu dengan Baik

Baik mereka yang pekerja keras maupun yang tidak, sebisa mungkin harus dapat menerapkan hal ini dalam hidupnya. Dengan pengelolaan waktu yang baik, maka segala hal yang dia kerjakan tentu akan dapat berjalan lebih optimal.

Pekerja keras memiliki kemampuan menjalankan pekerjaan dengan baik dan tepat, mengingat ia dapat mengatur waktu dengan lebih efisien. Hal ini akan sesuai dengan poin sebelumnya yaitu dimana prioritas yang lebih penting tentu akan mendapatkan porsi waktu yang lebih banyak dibandingkan yang memiliki prioritas rendah.

  • Mencintai Pekerjaannya

Tidak ada pekerja yang bisa melakukan pekerjaannya dengan baik dan konsisten tanpa mencintai pekerjaannya. Itulah mengapa mencintai pekerjaan yang dimilikinya adalah salah satu ciri seorang pekerja keras. Dengan rasa kebanggaan serta tanggung jawab yang dimilikinya beban kerja yang bisa dirasakan akan tidak terasa dijalaninya. 

Baca juga: Hari Pekerja Nasional: Bukti Bahwa Para Pekerja di Indonesia Hebat!

Pekerja Cerdas

  • Bekerja dengan Optimal

Mereka yang bekerja cerdas tentu akan lebih memilih bekerja optimal dengan cara yang menyesuaikan waktu yang ada. Namun, untuk bekerja dengan optimal pastikan dahulu untuk memutar otak dan melakukan analisa terhadap pekerjaan yang diberikan. Sehingga dapat bekerja lebih optimal.

  • Melakukan Kerjasama dengan Tim

Bekerja sama dengan tim adalah hal yang paling dibutuhkan untuk mereka yang mau bekerja dengan cerdas. Dengan melakukan kerjasama tim, mereka akan saling mempermudah pekerjaan satu sama lain bergantung dengan saran dan masukan yang diberikan tim.

  • Menyisihkan Waktu untuk Istirahat

Pekerja cerdas biasanya dapat mengerjakan suatu pekerjaan dengan lebih efektif sehingga tidak akan mengambil atau membuang waktunya dengan lebih banyak. Tidak heran, pekerja cerdas juga memiliki waktu istirahat yang lebih teratur dan lebih optimal dibandingkan pekerja keras. 

Biasanya juga mereka memiliki kemampuan manajemen waktu yang lebih baik dan terorganisir sehingga mereka mampu bekerja lebih produktif walaupun dengan waktu yang terbatas. 

Dengan penjelasan mengenai ciri-ciri dari pekerja di atas kamu pekerja keras atau pekerja cerdas? Untuk memaksimalkan pekerjaan yang kamu miliki kamu dapat mencoba untuk mengkombinasikan keduanya untuk menghasilkan pekerjaan yang lebih baik sehingga segala pekerjaan yang dilakukan dapat lebih terasa ringan.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]