One Time Password Adalah: Definisi dan Kegunaannya

0
594
One Time Password Adalah: Definisi dan Kegunaannya

One Time Password (OTP) adalah sistem keamanan yang sudah tidak asing lagi di dunia digital seperti saat ini.  Kode OTP menjadi alat keamanan yang dibuat oleh produsen aplikasi untuk mencegah disalahgunakan oleh orang lain. Hal ini dikarenakan penerima kode OTP adalah pemilik nomor ponsel atau email yang terdaftar.

OTP adalah kode yang sifatnya sementara yang dikirimkan melalui pesan singkat SMS, WhatsApp, maupun email. Kode OTP ini akan hangus dan tidak dapat digunakan lagi setelah beberapa menit. Fungsi dari OTP sendiri adalah sebagai salah satu proses verifikasi aplikasi atau website, yang bertujuan agar data pada akun kita tidak disalahgunakan untuk tindak kejahatan digital. Menggunakan OTP jauh lebih aman daripada password biasa, terutama password yang dibuat pengguna yang dapat menjadi lemah atau digunakan kembali di banyak akun yang berbeda.

Perlu diketahui bahwa OTP bersifat rahasia karena digunakan untuk menghindari pencurian data, pembajakan dan penyalahgunaan akun, jadi jangan pernah memberikan OTPmu kepada orang lain.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut