Pentingnya Obrolan Ringan Sehari-hari

1
807
Pentingnya Obrolan Ringan Sehari-hari

Obrolan ringan sehari-hari biasanya sering ditemukan dalam situasi sosial atau bisnis untuk mencairkan suasana. Obrolan ini pun biasanya mengambil topik sederhana. Karena obrolan ringan bisa dianggap remeh, hal ini sering dipandang sebagai sesuatu sia-sia atau bahkan mengganggu. Padahal, obrolan ringan ini justru banyak mendatangkan manfaat. Obrolan ringan dapat berfungsi sebagai pintu gerbang ke percakapan yang lebih dalam atau mempererat jaringan atau koneksi yang sudah ada, atau sekadar kesempatan untuk mempelajari sesuatu yang baru. Lalu bagaimana menginisiasi obrolan ringan untuk mencairkan suasana?

1. Ikuti rasa ingin tahu

Mengetahui topik mana yang akan dibicarakan adalah bagian besar dari memiliki obrolan ringan. Trik yang mudah adalah membiarkan rasa ingin tahu mu memandu pertanyaan yang kamu ajukan. Misalnya, kamu bisa menanyakan kota kelahiran lawan bicara mu, ataupun membicarakan hobi yang mereka tekuni.

2. Ajukan pertanyaan terbuka

Selanjutnya, kamu bisa memberikan pertanyaan terbuka kepada lawan bicara. Pertanyaan terbuka membantu menjaga percakapan tetap berjalan dan mendapatkan tanggapan yang jauh lebih menarik. Terlebih jika kamu seorang introvert, strategi ini dapat membantu orang lain untuk tetap bicara.

3. Jangan memberikan satu kata tanggapan

Saat kamu diberi pertanyaan, hindari menjawab hanya dengan satu kata tanggapan yang akan mematikan percakapan tersebut. Kamu bisa menambahkan pengamatan, fakta menyenangkan, opini, ataupun memberikan pertanyaan lanjutan.

4. Jadi pendengar yang baik

Untuk membuka obrolan ringan, pastikan kamu menjadi pendengar yang baik. Alih-alih memikirkan apa yang harus kamu katakan selanjutnya, coba dengarkan apa yang dikatakan lawan bicara dengan sungguh-sungguh. Perhatikan juga bahasa tubuh mu, seperti sesekali mengangguk atau menjaga kontak mata sebagai tanda bahwa kamu benar-benar memperhatikan.

5. Biarkan mereka mengajari

Jika kamu memperhatikan bahwa lawan bicaramu sangat bersemangat tentang sesuatu atau ahli dalam suatu bidang, pusatkan percakapan di sekitar topik tersebut. Kamu tidak hanya akan mempelajari sesuatu yang baru, mengajukan pertanyaan tentang topik yang mereka ketahui banyak akan membuat percakapan tetap berjalan.

6. Terus berlatih

Semakin sering kamu terlibat dalam obrolan ringan, semakin kamu dapat membangun keterampilan komunikasi, mempelajari berbagai teknik komunikasi yang digunakan orang, dan bertemu beragam orang untuk menumbuhkan lingkaran sosial mu.

Meskipun awalnya akan terasa canggung, obrolan ringan akan membantumu untuk bersosialisasi. Coba terapkan tips di atas saat kamu berada di sebuah lingkungan sosial.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut