3 Negara dengan BBM Termurah di Dunia!

0
138
3 Negara dengan BBM Termurah di Dunia!

Kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) di Indonesia merupakan imbas dari kenaikan harga minyak mentah di dunia. Dengan kata lain, Indonesia bukan lah satu-satunya yang terdampak dari adanya kenaikan ini. Meski begitu, ada beberapa negara di dunia yang memiliki harga BBM sangat murah, bahkan di bawah angka Rp1.000/liter. Dilansir dari laman globalpetrolprices.com, berikut 3 negara dengan harga BBM termurah di dunia.

1. Venezuela

Venezuela menduduki posisi pertama negara dengan harga BBM termurah di dunia. Harga BBM di Venezuela sebesar USD0,022/liter atau sekitar Rp327/liter. Harga BBM di Venezuela bisa sangat murah dikarenakan negara ini merupakan negara produsen minyak peringkat ke-12 terbesar di dunia. Selain itu negara ini memiliki cadangan minyak terbesar dari negara manapun di dunia. Bahkan Rata-rata produksi minyak Venezuela tercatat mencapai 2,36 juta barel per hari (bph). Konsumsi minyak di negara ini cenderung minim jika dibandingkan dengan produksinya, hal ini disebabkan oleh tingkat populasi penduduk 28,4 juta jiwa. Praktis tingkat konsumsi minyaknya hanya 12% dari produksi.

2. Libya

Tidak jauh dari Venezuela, harga BBM di Libya berada di angka USD0,03/liter atau setara dengan Rp446,7/liter. Harga BBM di Libya murah karena Libya juga termasuk penghasil minyak bumi terbesar di dunia. Negara ini mampu menghasilkan bahan bakar minyak sebesar 500 ribu bph. Pada catatan Energy Information Administration (EIA) Amerika Serikat menyebutkan 3% dari keseluruhan cadangan minyak dunia berasal dari Libya yang juga merupakan 39% cadangan minyak Benua Afrika. Dari sisi anggaran, pemerintah Libya juga menggelontorkan anggaran untuk subsidi BBM dan listrik dengan porsi yang terbesar.

3. Iran

Terakhir adalah Iran, dimana minyaknya dibanderol dengan harga US$ 0,053/liter atau setara dengan Rp 795/liter. Meski sedang berjuang dalam perjanjian Nuklir, Iran memiliki harga BBM yang murah karena negara ini adalah salah satu negara yang penghasil minyak di Timur Tengah. Iran menduduki posisi ke-7 negara produsen minyak tertinggi di dunia dengan produksi mencapai 4,38 juta bph. Selain itu, pemerintah Iran juga memberikan subsidi sehingga membuat harga BBM tetap murah.

Itulah 3 negara dengan harga BBM termurah di dunia. Meskipun memiliki harga BBM yang sangat terjangkau, bukan berarti negara-negara ini memiliki kondisi ekonominya sangat baik pula. Masih banyak masalah lain yang dihadapi negara-negara ini seperti inflasi yang tinggi dan ketidakstabilan pangan.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut