20+ Motto Hidup Singkat Penuh Makna, Keren, dan Inspiratif

0
1331
Motto Hidup

Memiliki motto hidup atau dalam bahasa Indonesia adalah semboyan hidup merupakan salah satu elemen penting bagi Anda yang ingin sukses. Sebab, semboyan tersebutlah yang akan menjadi pijakan Anda dalam berperilaku dan mengambil keputusan.

Sebaliknya, orang yang tidak memiliki semboyan hidup akan cenderung bingung dalam menjalani hidup.

Oleh karena itu, menentukan semboyan hidup Anda tidak boleh sembarangan. Pastikan Anda memilih semboyan yang tepat agar hidup Anda bisa berjalan terarah dalam mencapai tujuan.

Melalui artikel ini, kami akan menunjukkan penjelasan mengenai semboyan di dalam kehidupan serta nilai pentingnya. Tidak lupa juga kami akan memberikan beberapa contoh semboyan yang bisa Anda jadikan inspirasi.

Apa itu Semboyan Hidup?

Pada dasarnya, semboyan adalah pedoman atau prinsip yang dimiliki oleh suatu perusahaan maupun individu. Pada konteks perusahaan, semboyan menjadi landasan dalam melakukan berbagai operasional mulai dari produksi hingga melayani pelanggan.

Semboyan hidup merupakan semboyan yang dimiliki dan dipegang teguh oleh seorang individu. Sama seperti semboyan perusahaan, semboyan bagi seorang individu juga merupakan landasan dalam berperilaku.

Semboyan hidup biasanya berisi motivasi yang membuat individu ingat akan tujuan hidupnya. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda yang ingin sukses untuk memiliki semboyan hidup singkat.

Arti Penting semboyan Hidup

Setiap orang tentu memiliki cita-cita atau tujuan hidup. Namun, tidak jarang semangat kita untuk mendapatkan cita-cita tersebut menjadi kendur. Semboyan hidup memiliki peranan penting dalam mengembalikan semangat tersebut.

Dengan memiliki semboyan hidup, kita akan memiliki pegangan ketika semangat dan motivasi menurun. Hal ini akan mempermudah kita untuk kembali bersemangat dalam menjalani kehidupan untuk mencapai cita-cita tersebut.

Tanpa adanya semboyan hidup, kita akan mudah hanyut oleh rasa takut dan khawatir. Hal inilah yang biasanya menjadi penyebab seseorang gagal mendapatkan tujuan atau cita-cita mereka.

Selain itu, semboyan hidup juga akan mempengaruhi cara kita dalam berperilaku. Contohnya, bagi seseorang yang memiliki semboyan hidup “kegagalan adalah proses dari keberhasilan” akan lebih bijak dalam merespon kegagalan.

Mereka tidak akan mudah menyerah meski mengalami satu, dua atau beberapa kali kegagalan. Sebab, bagi mereka kegagalan merupakan proses untuk mencapai keberhasilan.

Baca juga: 74 Kata-Kata Motivasi untuk Kehidupan yang Lebih Baik

Perbedaan Semboyan Hidup & Prinsip Hidup

Semboyan hidup dan prinsip hidup sebenarnya hampir mirip. Bahkan beberapa orang menyamakan kedua hal ini. Sebab, keduanya sama-sama menjadi landasan bagi Anda untuk mampu mencapai tujuan hidup.

Perbedaan di antara keduanya terletak pada bentuknya. Semboyan cenderung memiliki bentuk berupa kalimat atau frasa. Pada konteks perusahaan, tidak jarang semboyan perusahaan dituliskan di depan agar dapat terlihat oleh banyak orang.

Sementara itu, prinsip hidup cenderung berbentuk abstrak. Prinsip tidak selalu berupa tulisan kalimat atau frasa. Contohnya, seseorang memiliki prinsip untuk tidak berhutang. Hal ini adalah ide atau keyakinan yang ia pegang sehingga sebisa mungkin akan menghindari hutan.

Prinsip tersebut dapat berubah menjadi semboyan ketika berbentuk tulisan atau frasa. Contohnya seperti semboyan “hidup sederhana tanpa hutang lebih damai daripada terlihat kaya hasil hutang”.

Contoh Semboyan Hidup untuk Jadi Inspirasi

Menentukan semboyan hidup memang bukan perkara mudah. Oleh karena itu, kami telah menyediakan beragam contoh semboyan yang bisa Anda jadikan sebagai inspirasi.

1. Motto Hidup Pelajar

  • “Menuntut ilmu merupakan kunci untuk membuka gerbang kesuksesan”
  • “Jangan pernah malu jika kamu melakukan kesalahan pada hari ini. Sebab kesalahan merupakan bagian dari proses belajar.”
  • “Malas belajar adalah kunci sukses mencapai kegagalan.”
  • “Jangan sia-siakan masa mudamu hanya untuk bermalas-malasan. Karena orang yang malas belajar, akan sulit untuk berkembang.”
  • “Kesuksesan diberikan kepada mereka yang rajin belajar demi mendapatkan ilmu yang bermanfaat”

2. Motto Hidup Keren

  • “Berbuat baiklah meski tidak ada satupun orang yang melihatmu.”
  • “Akhir kehidupan bukan hanya ketika kita mati, namun berdiam diri ketika terjadi masalah juga menjadi tanda kehidupan berakhir.”
  • “Keberhasilan tidak pantas digenggam oleh mereka yang takut akan kegagalan.”
  • “Kesuksesan lahir dari kebiasaan baik kecil yang terus diulang setiap hari.”
  • “Nilai dirimu bukan ditentukan oleh ucapanmu, namun dari perilaku dan caramu menjalani hidup.”

3. Motto Hidup Islami

  • “Ingatlah bahwa Allah memberikan ujian sesuai dengan kemampuan para hamba-Nya.”
  • “Tidak ada yang abadi di dunia, sesungguhnya kebahagiaan abadi hanyalah di surga-Nya.”
  • “Jika kamu merasa sendirian, ingatlah bahwa Allah selalu ada dan melihatmu.”
  • “Satu-satunya jual beli yang tidak akan pernah membuatmu rugi adalah transaksi dengan Allah SWT.”
  • “Janganlah putus asa jika doa-doamu belum dijawab. Sebab Allah Maha Kuasa yang mampu memberikan lebih baik dari yang kamu minta.”

4. Motto Hidup Unik

  • “Hidup atau mati.”
  • “Jangan hanya menunggu, namun ciptakanlah peluangmu sendiri.”
  • “Cobalah untuk menjadi lebih baik 1% setiap hari, dan kamu akan terkejut pada hasil akhirnya”.
  • “Dirimu dan kebahagiaan seperti kucing dan ekornya. Kucing tidak akan bisa mengejar ekornya. Namun jika kucing itu berjalan dan bermanfaat bagi sekitar, maka ekornya akan selalu mengikuti.”
  • “Jika kamu tidak mampu menghadapi rasa takut, maka lakukan saja dengan takut.”

5. Motto Hidup Sukses

  • “Kesuksesan tidak pernah menghampiri mereka yang berhenti karena kegagalan.”
  • “Tidak ada kesuksesan yang bertahan lama jika dicapai dengan jalan pintas.”
  • “Tidak akan kamu temukan orang sukses yang tidak percaya pada dirinya sendiri.”
  • “Diam dan menunggu adalah cara terbaik untuk kehilangan kesempatan mencapai kesuksesan.”
  • “Sukses adalah ketika kesempatan dan persiapan bertemu.”

Tips Memilih Semboyan Hidup

Setelah melihat beberapa contoh di atas, apakah Anda sudah terpikirkan semboyan hidup Anda sendiri? Jika belum, maka silakan gunakan beberapa tips berikut ini:

1. Pilih Semboyan Hidup Sesuai Diri Anda

semboyan hidup bersifat individual. Oleh karena itu, pilihlah semboyan yang paling sesuai dengan diri Anda. Contoh jika Anda merupakan orang yang religius, maka bisa menggunakan semboyan hidup dengan nuansa keagamaan.

2. Gunakan Referensi

Tidak perlu malu untuk menggunakan referensi dalam memilih semboyan hidup. Selain contoh yang telah kami sebutkan di atas, Anda juga bisa menggunakan semboyan yang dimiliki oleh tokoh ternama. Selain itu, Anda juga bisa menjadikan kalimat di sebuah buku sebagai referensi dalam memilih semboyan hidup.

3. Pilih Semboyan Berdasarkan Kejadian Tertentu

Kejadian yang Anda alami juga bisa menjadi sumber inspirasi dalam memilih semboyan hidup. Biasanya, semboyan hidup diambil dari pelajaran atas suatu peristiwa yang terjadi.

Contoh jika Anda pernah mengalami kegagalan karena keterlambatan. Maka Anda bisa memilih semboyan hidup terkait tepat waktu untuk mencapai kesuksesan. Dengan begitu, Anda akan lebih disiplin dan menghindari terlambat pada berbagai momen di masa depan.

Kesimpulan

Semboyan hidup sangat penting untuk dimiliki oleh setiap orang. Oleh karena itu, jangan sampai Anda asal-asalan dalam memilihnya atau bahkan tidak memilikinya sama sekali.Silakan jadikan contoh motto hidup yang telah kami sediakan di atas sebagai inspirasi. Dengan begitu, Anda akan lebih terarah dalam menjalani hidup sehingga mudah untuk mencapai kesuksesan di masa depan.

Dukung Pertumbuhan UMKM dan Bangkitkan Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan di Akseleran!

Akseleran memberikan kesempatan untuk kamu yang ingin membantu mengembangkan bisnis kecil dan menengah di Indonesia. Dapatkan keuntungan dari suku bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan serta perlindungan proteksi asuransi 99% terhadap pinjaman. Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar dan mulailah pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Selain itu, kamu juga bisa melihat info Akseleran sebagai grup usaha di halaman Grup Akseleran.

BLOG100

Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].