Mengatasi Konflik dengan Metode A-E-I-O-U

1
544
Mengatasi Konflik dengan Metode A-E-I-O-U

Konflik sejatinya memang tidak dapat dihindari di mana pun Anda bekerja, kamu akan menghadapi berbagai konflik. Cara kita menanggapi konflik-konflik ini akan menentukan apakah konflik itu akan berakhir konstruktif atau destruktif. Kamu bisa mencoba metode A-E-I-O-U untuk mengatasi konflik dan memastikan hasil yang konstruktif

Model A-E-I-O-U merupakan singkatan dari Acknowledge, Express, Identify,Output, dan Understanding. metode ini adalah strategi komunikasi konstruktif yang membantu seseorang menyelesaikan semua jenis konflik dengan penuh perhatian. Model ini unik karena menjunjung dua prinsip karena menganggap bahwa kedua sisi argumen memiliki niat baik dan tidak berusaha menimbulkan konflik. Yang terpenting adalah menemukan solusi untuk masalah.

1. Acknowledge

Asumsikan orang yang sedang berkonflik dengan mu memiliki maksud dan tujuan yang baik. Luangkan waktu untuk memahami alasan mereka dan ulangi niat positif mereka saat kamu memulai percakapan.

2. Express

Tegaskan niat positif yang telah kamu identifikasi dan ungkapkan kekhawatiranmu. Jika kamu sedang menengahi konflik, ajak masing-masing pihak untuk mengklarifikasi masalah mereka secara bergiliran.

3. Identify

Identifikasi solusi dan tentukan dengan jelas tujuan dan rekomendasi mu. Bangun konsensus dengan mengilustrasikan bagaimana solusi mu akan menyelesaikan masalah kedua belah pihak untuk berkompromi.

4. Output

Selanjutnya, uraikan outpunya. Apa untungnya bagi pihak lain jika mereka setuju dengan solusi yang kamu berikan? Penjelasan eksplisit tentang keuntungan ini membantu orang membeli alasan untuk mengubah tindakan mereka lebih mudah.

5. Understanding

Terakhir, bangun rasa saling pengertian. Kumpulkan umpan balik dari usulan mu untuk membuat kesepakatan. Kamu dapat menyarankan masa percobaan untuk menguji solusi tersebut untuk memberikan opsi kepada pihak lain agar dapat menyetujui atau menolak usulanmu.

Saat menggunakan model A-E-I-O-U, sangat penting untuk tetap menjaga lingkungan yang kondusif. Meskipun konflik mungkin tidak dapat diselesaikan dalam sehari, menggunakan model ini dapat membantu dalam menyelesaikan konflik secara konstruktif.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut