Masih Penasaran dengan RDL BCA di Akseleran?

0
515
Rekening Dana Lender BCA di Akseleran

Pada akhir November 2020 Akseleran meluncurkan fitur Rekening Dana Lender (RDL) BCA. Fitur ini merupakan bagian dari kepatuhan Akseleran atas ketentuan OJK mengenai T-2, yaitu batas waktu dana lender berada di escrow account maksimal dua hari kerja. Sebagai fitur yang terbilang baru di Akseleran, banyak lender masih penasaran mengenai Fitur RDL BCA. CEO Akseleran Ivan Tambunan dan CMO Akseleran Andri Madian pun menjawab rasa ingin tahu tersebut pada Webinar Lender Gathering Akseleran yang berlangsung 18 Januari 2021.

Mengapa Akseleran meluncurkan fitur RDL BCA?

Andri Madian:  RDL BCA merupakan cara Akseleran untuk memenuhi syarat kepatuhan OJK dalam hal T-2. Sebgai P2P lending kami tidak boleh mengendapkan dana lebih dari dua hari di dana escrow Akseleran. Sebelum ada RDL BCA, Akseleran sudah menjalankan aturan ini lewat Auto-Withdrawal.

Tapi memang, ada kelemahannya kalau menggunakan  Auto-Withdrawal, yaitu ada biaya administrasi ketika dana dikembalikan ke rekening terdaftar Lender. RDL BCA ini mudah-mudahan bisa menjadi jawaban atas keluhan lender mengenai besarnya biaya administrasi tersebut. 

Dengan menggunakan RDL BCA, ketika ditarik dananya dari RDL BCA ke rekening BCA Lender tidak kena biaya alias gratis.   

Apakah lender wajib mempunyai RDL?

Andri Madian:  Tidak bersifat wajib untuk lender. Karena kami juga menerima masukan-masukan dari lender, bahwa tidak semua lender mempunyai rekening BCA ataupun mau membuka rekening BCA. Tanpa RDL BCA pun lender tetap bisa bertransaksi. 

Kalau lender mau menggunakan RDL BCA, harus membuka atau mempunyai rekening BCA dulu. Namun, untuk yang tidak mau tetap bisa bertransaksi dengan mekanisme Auto-Withdrawal, namun dikenakan biaya administrasi seperti biasanya.

Mengapa proses membuka RDL lama?

Ivan Tambunan: Memang saat ini dari kapasitasnya BCA, per hari maksimal 200-300 rekening baru. Sedangkan sekarang antriannya ada lebih dari 4.000. Maka, memang akan butuh waktu 20-30 hari hari ke depan sampai berjalan normal. Kami meminta BCA untuk menaikkan kecepatan proses.

Sementara dari sisi Akseleran kami memudahkan lender, tidak harus punya rekening BCA untuk bertransaksi. Kalau yang RDL BCA-nya masih diproses pun tetap masih bisa bertransaksi. Ke depan kami akan membuat RDL lebih smooth

Bagaimana jika rekening BCA yang sudah dimiliki dipakai untuk RDL?

Ivan Tambunan: Kita tidak bisa menggunakan rekening BCA yang sudah lender miliki. Yang terjadi adalah kalau lender sudah punya rekening sistem BCA, maka pembukaan RDL BCA-nya bersifat seamless. Cukup masukkan data rekening BCA pada saat pendaftaran, nanti Akseleran yang informasikan ke BCA. RDL BCA bersifat khusus serta ada aturan-aturan khususnya. Sebagai contoh, RDL BCA tidak bisa dilihat di internet banking dan tidak bisa digunakan untuk bertransaksi. 

Lihat selengkapnya Webinar Lender Gathering Akseleran 18 Januari 2021 

Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp 100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]