10 Manfaat Menabung untuk Mempersiapkan Masa Depan yang Lebih Baik

0
889
manfaat menabung

Sedari kecil, mungkin sudah akrab dengan lagu rajin menabung. Belum lagi pepatah ‘menabung pangkal kaya’. Ungkapan tersebut bukan sekadar hiburan untuk anak kecil, melainkan benar-benar banyak manfaat menabung bagi kehidupan. 

Meski terasa sederhana, menabung bukan perkara mudah, lho. Jika tidak terbiasa, menyimpan pendapatan bisa jadi tantangan sulit. Melihat saldo sedikit saja terasa ingin hura-hura. Padahal, menabung penting untuk kebutuhan mendatang yang mungkin mendesak dan menuntut biaya besar.

Maka dari itu, penting untuk membentuk kebiasaan menabung sejak dini. Dari nominal terkecil, menggunakan cara paling sederhana. Setelah beranjak dewasa, kebiasaan ini terus terbawa, lalu berkembang menjadi menabung di bank hingga berinvestasi. 

Salah satu dorongan untuk semangat menabung adalah mengetahui manfaat menabung sejak dini itu sendiri. Walaupun berkaitan erat dengan uang, kebiasaan menabung juga memberikan benefit tersendiri bagi psikologis manusia.

Manfaat Menabung

Apa itu menabung? Menabung mengacu pada kegiatan menyimpan sebagian pendapatan setelah menguranginya dengan kebutuhan pokok. Ini merupakan surplus bersih dari pembayaran biaya primer dan kewajiban sehari-hari.

Meski demikian, tidak sedikit yang menabung di awal justru sebelum mengeluarkan untuk kebutuhan pokok. Metode ini boleh saja dilakukan selama tidak memberatkan pemenuhan sandang pangan harian. 

Dahulu, orang-orang membuat tabungan dengan cara sederhana. Membuat celengan, disimpan di antara pakaian di lemari, dan sebagainya. Kini, terdapat berbagai metode menabung, mulai buka rekening atau deposito di bank, hingga investasi seperti reksadana. 

Bentuk tabungan pun bisa beragam. Sebagian besar menyimpannya dalam bentuk uang tunai. Seiring berkembangnya waktu pun berkembang menjadi tabungan non tunai. Ada yang risikonya kecil, seperti deposito. Ada juga sebaliknya, termasuk investasi yang harus mempertaruhkan sebagian uang. 

Apapun bentuknya, selalu ada manfaat menabung dalam kehidupan. Termasuk di antaranya:

1. Menghargai Uang yang Diperoleh

Poin sederhana, tetapi termasuk paling penting dari manfaat menabung bagi kehidupan. Mendapatkan uang dan mengumpulkannya akan terasa sangat sulit. Dengan menabung, seseorang menjadi lebih menghargai usaha dan seluruh jerih payah proses menghasilkan uang. 

Meski demikian, bukan berarti tidak boleh healing, ya. Di samping kebutuhan, siapapun tetap bisa menikmati hasil bekerja atau uang yang dimiliki. Dengan syarat, secukupnya, tanpa berlebihan. 

2. Keadaan Darurat

Tidak ada yang menginginkan kejadian mendadak yang mengharuskan mengeluarkan uang di luar perencanaan. Sayangnya, ada banyak faktor kehidupan yang menyebabkan kondisi demikian. Jika tidak memiliki tabungan, tentu membuat cukup kalang kabut kesulitan. 

Maka dari itu, penting untuk menyisihkan setidaknya 10% dari pendapatan setiap bulan sebagai dana darurat. Ketika ada kejadian tidak terduga, uang ini siap untuk digunakan. Jika beruntung tidak menggunakannya, dana yang tersimpan bisa untuk investasi yang lain.

3. Peluang Investasi

Mirip dengan dana darurat, menabung juga bisa jadi ‘jaga-jaga’ adanya peluang investasi tiba-tiba. Ketika ada teman yang menawarkan bisnis, menanam modal, atau bentuk investasi lainnya, bisa menggunakan uang tabungan sebagai ‘uang dingin’ untuk berinvestasi. 

Selain itu, investasi menggunakan uang yang sudah terkumpul pun memiliki kelebihan. Tidak memotong kebutuhan sehari-hari, bahkan tabungan pun memiliki kesempatan berkembang dan berlipat ganda. 

4. Dana untuk Liburan

Siapa yang tidak ingin pelesir menyenangkan? Tentu siapa saja mengharapkannya. Alih-alih menggunakan uang kebutuhan sehari-hari, ada baiknya mempersiapkan dana tersendiri untuk berlibur. Buat tabungan khusus yang bisa sewaktu-waktu diambil untuk liburan.

Tabungan ini juga berlaku untuk hiburan jenis lain. Sekadar fancy staycation, berbelanja, dan lain sebagainya. Atur persentase dana hiburan dalam jangka waktu tertentu sebagai simpanan. Jadi, ketika waktunya tiba, bisa menikmatinya tanpa rasa bersalah. 

5. Dana Pendidikan

Orang tua tentu tidak bisa mengesampingkan kebutuhan masa depan anak. Bukan hanya itu, bagi yang masih single pun bisa menggunakan tabungan sebagai opsi pembiayaan pendidikan. Ada juga manfaat menabung bagi pelajar, termasuk kesempatan menggunakan uangnya untuk melakukan kursus tambahan.

Menabung untuk pendidikan jangka panjang tentu membutuhkan pengelolaan uang yang baik. Maka dari itu, perlu konsistensi dan motivasi kuat demi memberikan pembelajaran terbaik, untuk anak dan diri sendiri.

6. Rencana Berkeluarga

Mirip dengan tujuan investasi, menabung juga bisa menjadi langkah mempersiapkan membentuk keluarga. Mulai dari pernikahan, kehidupan awal rumah tangga, hingga ketika berencana hamil dan memiliki anak, semuanya membutuhkan biaya besar.

Dengan menabung sejak dini, besar kemungkinan seluruh kebutuhan bisa ter-cover tanpa harus berhutang. Keseimbangan finansial juga mendukung lingkungan keluarga yang berkembang dengan baik. 

7. Menjadi Lebih Mandiri

Yang satu ini bisa jadi poin penting manfaat menabung bagi anak-anak. Menyisipkan sedikit bagian dari uang saku dan mengumpulkannya dalam jangka waktu tertentu bisa sangat menguntungkan. Ketika menginginkan sesuatu, tidak perlu lagi menunggu  orang tua membelikan. 

Adanya uang tabungan memungkinkan seseorang ‘bergerak’ memenuhi keinginannya sendiri. Pada tingkatan lebih dewasa, tabungan bahkan bisa mempengaruhi keputusan untuk mempersiapkan kehidupan yang lebih independent.

8. Dana Pensiun

Merencanakan masa pensiun yang chill, jalan-jalan atau bermain dengan cucu tanpa khawatir? Tentu membutuhkan persiapan sedini mungkin. Rencanakan bagaimana keuangan ketika tidak lagi menerima gaji secara rutin. 

Manfaat dari menabung ini kemudian bisa terasa maksimal ketika masanya tiba. Uang yang terkumpul bisa digunakan untuk menyambung hidup, bahkan bisa memutarnya kembali menjadi bentuk investasi menguntungkan lainnya. 

Baca juga: Mengenal Lebih dalam Dana Pensiun Lembaga Keuangan

9. Menghindari Hutang

Kebutuhan dan keinginan terus berjalan beriringan. Ketika pemasukan sedang pas-pasan, keduanya mungkin sulit untuk terpenuhi. Saat tidak memiliki pegangan sama sekali, maka opsi yang paling memungkinkan adalah berhutang. Sayangnya, jika tidak ada pemasukan, siklus ini akan terus berulang.

Tentu merugikan bagi siapa saja yang menghutang dan dihutangi. Adapun ketika memiliki tabungan, bisa terhindar dari risiko berhutang. Setidaknya sembari mencari pemasukan tambahan. 

10. Melipatgandakan Aset

Tentu saja manfaat menabung di bank ini akan berbeda dari menabung secara mandiri di rumah. Di bank, uang yang disetorkan dalam tabungan akan diputar kembali oleh bank. Tenang saja, bank pun akan membagikan keuntungan dalam bentuk bunga. 

Persentase pembagiannya menyesuaikan nominal uang yang nasabah miliki. Bisa jadi tidak terlalu besar, pihak bank akan menjelaskannya ketika membuka rekening. Meski demikian, jika tabungan terus bertahan selama beberapa waktu, bisa jadi uang menjadi berlipat ganda yang tentu menguntungkan. 

Setelah mengetahui sulitnya mendapatkan uang hingga ribetnya mengatur keuangan, dengan menabung individu bisa belajar untuk bijak mengambil keputusan. Jika tabungan berada di bank pun tidak bisa serta-merta mengambilnya tanpa alasan. 

Dengan begitu, seseorang bisa mempertimbangkan penggunaan uang secara lebih maksimal. Tindakan yang berulang akhirnya membentuk kebiasaan positif yang bermanfaat bukan hanya bagi diri sendiri, tetapi juga lingkungan sekitar. Manfaat menabung terkadang tidak tampak di depan nyata. Atau, membutuhkan waktu untuk bisa terlihat dan terasa nilai positifnya. Yang demikian bukan jadi alasan berhenti membentuk kebiasaan baik menyimpan dana untuk keuntungan diri sendiri nantinya.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].