Ini Cara Mengatasi Lupa Kata Sandi Medsos Atau Email Kamu!

0
120
Lupa Kata Sandi

Selama pandemi COVID-19 berlangsung, masyarakat sangat bergantung kepada media sosial untuk berinteraksi satu sama lain. Karena itu, ketika terjadi masalah pada akun media sosial seseorang dan mereka lupa kata sandi akun tersebut, maka interaksinya dengan keluarga, teman-teman, dan pekerjaan pun terganggu.

Untuk membantu menyelesaikan masalah tersebut, kami merangkum beberapa cara mengatasi lupa kata sandi akun media sosial populer seperti Facebook dan Instagram, serta akun email Google.

Facebook

Melansir dari laman bantuan Facebook, jika kamu lupa kata sandi atau kata sandimu tidak berfungsi, ada dua cara untuk memulihkan kata sandi milikmu, yaitu dengan cara mengubah kata sandi atau mereset kata sandi.

Mengubah Kata Sandi

Cara ini dapat kamu terapkan jika kamu sudah masuk atau tidak logout dari akun, tetapi kamu tidak ingat persisnya apa kata sandimu. Untuk mengubah kata sandi dari laman Facebook versi web browser, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Klik tanda lingkaran dengan segitiga ke bawah yang ada di pojok kanan atas Facebook.
  2. Pilih opsi Keamanan dan Privasi, lalu klik Pengaturan.
  3. Klik Keamanan dan Login.
  4. Klik Edit di samping Ubah Kata Sandi
  5. Klik Lupa Kata Sandi Anda?
  6. Ikuti langkah-langkah yang ditampilkan di layar. Harap diingat kalau kamu membutuhkan akses yang ke alamat email yang terhubung dengan akun Facebook milikmu.

Mereset Kata Sandi

Kalau kamu sudah terlanjur logout dari akunmu, kamu bisa mereset kata sandi akunmu lewat langkah-langkah berikut:

  1. Buka laman Cari Akun Anda (https://facebook.com/login/identity)
  2. Cari akun kamu berdasarkan nama, alamat email, atau nomor telepon.
  3. Ikuti langkah-langkah yang ditampilkan di layar.

Sebagai catatan, kamu tidak bisa menggunakan nomor ponsel yang sama dengan nomor yang digunakan untuk otentifikasi dua faktor. Kamu harus mendaftarkan nomor ponsel atau alamat email baru untuk mereset kata sandi akunmu bila perlu.

Instagram

Mengingat Instagram bernaung di bawah Facebook sebagai perusahaan induk, salah satu cara mengatasi lupa kata sandi akun Instagram adalah dengan mengetuk opsi Login menggunakan Facebook pada layar login. Kamu juga mereset kata sandi dengan langkah-langkah berikut, sesuai dengan perangkat ponsel pintar yang kamu gunakan:

  • Aplikasi Instagram for Android:
  1. Ketuk opsi Dapatkan bantuan untuk login di bawah tombol Login pada layar login.
  2. Masukkan nama pengguna, email, atau nomor telepon yang tersambung dengan akun.
  3. Ketuk Berikutnya, lalu ikuti petunjuk yang ditampilkan.
  • Aplikasi Instagram for iPhone:
  1. Ketuk opsi Lupa Kata Sandi di atas tombol Login pada layar login.
  2. Ketuk opsi Nama Pengguna atau Telepon
  3. Masukkan alamat email, nama pengguna, atau nomor ponsel kamu, lalu ketuk Berikutnya dan ikuti instruksi yang ditampilkan.

Pastikan kamu memasukkan nama pengguna dengan benar, apalagi jika nama pengguna menggunakan karakter berulang. Nama pengguna yang kamu masukkan juga tidak perlu diawali dengan tanda ‘@’.

Baca juga: Buzzer, Profesi yang Sedang Cukup Tren di Era Digital!

Google

Karena kebijakan tentang satu akun untuk semua layanan Google, jika kamu logout lupa kata sandi akunmu, maka kamu tidak bisa menggunakan layanan dari Google secara penuh, termasuk untuk membuka atau mengirim email dari Gmail.

Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk mereset kata sandi Google-mu:

  1. Pada laman Pemulihan Akun, masukkan alamat email Google atau nomor ponsel yang terdaftar pada akun Google-mu.
  2. Klik Berikutnya, lalu klik Coba cara lain.
  3. Masukkan kata sandi yang kamu ingat pernah kamu gunakan untuk masuk ke akun Google ini, lalu klik Berikutnya. Kalau tidak ada yang kamu ingat, klik Coba cara lain.
  4. Google akan mengirimkan notifikasi ke perangkat Android yang terdaftar pada akunmu. Ikuti petunjuk yang ditampilkan pada layar perangkat Android tersebut.

Itulah beberapa cara mengatasi lupa kata sandi untuk akun media sosial Facebook dan Instagram serta akun email Google. Cara yang kami rangkum ini kami kutip langsung dari halaman bantuan media sosial terkait, jadi keamanan akun kamu tetap terjaga.

Jika kamu masih menemukan kendala, segera hubungi layanan pengguna media yang bersangkutan. Untuk alasan keamanan, jangan pernah memercayai tawaran jasa pemulihan akun dari pihak ketiga.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 10,5%-12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]