7 Tips dan Trik Belanja di Harbolnas

1
458
Harbolnas

Harbolnas – Perkembangan dunia digital yang terus mengalami peningkatan yang sangat cepat tentu membuat banyak orang mulai memilih layanan digital dalam segala kebutuhannya, ak terkecuali melakukan belanja secara online atau digital.

Belanja secara online ini memang relatif lebih dipilih banyak orang dibanding harus datang dan mengunjungi toko, karena tentu akan membutuhkan banyak waktu serta usaha lebih untuk mencari produk sesuai dengan keinginan kita. Karena itu, antusias yang terus berkembang cepat membuat banyak pengusaha sekaligus ecommerce membuat suatu program/promo rutin yang dapat menarik perhatian orang untuk mulai belanja online.

Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas)

Harbolnas atau Hari Belanja Online Nasional ini adalah suatu perayaan yang dilakukan untuk mengajak sekaligus mengedukasi masyarakat mengenai kemudahan belanja secara online. Di banyak negara seperti Amerika, Kanada, Inggris hingga Jerman mengenal sebuah perayaan belanja online yaitu Cyber Monday dengan mengadakan banyak promo serta diskon besar setelah Thanksgiving Day untuk menarik konsumen berbelanja online. Cyber Monday ini awalnya dimulai dari perayaan belanja Black Friday yang biasanya dilakukan pada hari Jumat setelah Thanksgiving Day.

Berbicara kembali mengenai Hari Belanja Online Nasional yang ditujukan agar mereka dapat merasakan kemudahan serta kenyamanan dalam melakukan belanja secara online. Tidak hanya itu, seperti yang kita ketahui bahwa banyaknya ecommerce di Indonesia tentu membuat akhirnya banyak yang berlomba-lomba untuk memberikan diskon besar-besaran di harbolnas atau di tanggal-tanggal seperti 10/10, 11/11 hingga 12/12. 

Para ecommerce ini bersatu dan memiliki tujuan yang sama yaitu memajukan industri ecommerce serta memenuhi kebutuhan masyarakat dalam melakukan belanja online saat tanggal tersebut.

Tips dan Trik Belanja di Harbolnas Agar Lebih Optimal!

Harbolnas memang biasanya akan diadakan di bulan desember. Namun, seiring perkembangan dan kebutuhan tentunya banyak yang menawarkan diskon atau potongan harga di saat tanggal ‘cantik’. Karenanya, untuk para UMKM juga tidak lagi perlu ragu untuk menggunakan aplikasi dan ecommerce untuk mengoptimalkan usahanya agar dapat memperkenalkan produk miliknya.

Untuk para calon pembeli sesudah memahami dan mengetahui sejarah dari Hari Belanja Online Nasional kamu harus tahu bagaimana tips terbaik agar belanja tetap optimal sehingga tidak berlebihan dan terburu-buru dalam mengambil keputusan.

  • Menentukan Budget

Hal ini menjadi poin yang paling penting saat ingin belanja secara besar-besaran, tentu akan sangat mudah bagimu saat banyak barang yang sedang diskon besar-besaran dan akhirnya kamu menjadi kalap dan akhirnya tidak memikirkan budget. Untuk mencegah hal tersebut pastikan terlebih dahulu untuk menganggarkan dana atau budgetnya terlebih dahulu untuk membeli produk serta mempertimbangkan kembali, apakah produk yang kamu ingin beli berkualitas serta berfungsi sesuai dengan kebutuhanmu atau tidak.

  • Melakukan Riset

Saat sudah menentukan budget, pastikan kamu juga mengetahui produk yang sesuai dengan kebutuhanmu. Dimulai dengan melakukan riset terlebih dahulu mulai dari mencarinya di website resmi maupun dimanapun yang menyediakan informasi produk pilihanmu.

Selain mengecek secara online, bandingkan juga dengan mencari atau datang langsung ke toko untuk memastikan apakah harga yang tercantum di website tersebut lebih murah dan memiliki kualitas yang sama atau lebih baik.

Baca juga: 7 Cara Memulai Bisnis yang Efektif!

  • Memilih Cara Pembayaran

Saat ini, ada banyak cara pembayaran yang disediakan untuk membeli produk secara online. Pilih cara yang paling sesuai dengan rencana keuanganmu dalam jangka panjang maupun pendek. Jangan mudah tergoda penawaran untuk cara pembayaran khusus apabila itu akan mengganggu rencanamu ke depannya. Baik itu pembayaran dengan kartu debit maupun dengan kartu kredit, kamu harus mengetahui bagaimana cara serta proses pembayarannya.

Apabila menggunakan kartu debit, pastikan kamu sudah mempersiapkan dana sesuai dengan harga yang tercantum sebelum diskon dimulai, namun apabila dengan menggunakan kartu kredit pastikan kamu dapat melunasi tagihan tersebut sehingga ke depannya tidak membebankan kamu.

  • Memperhatikan Hak Sebagai Pembeli

Hak di sini contohnya seperti halnya garansi. Ya, saat membeli suatu barang maupun jasa tentu terdapat garansi untuk pembeli. Karena itu, penting untuk memperhatikan garansi yang diberikan saat kamu hendak membeli barang maupun jasa sehingga kamu tidak lagi memusingkan apabila barang atau jasa yang digunakan mengalami masalah di kemudian hari.

  • Berpikir 2 Kali

Ingat! Jangan hanya tergiur dengan diskon, pastikan juga untuk selalu memastikan kualitas dari produk yang kamu beli. Apakah diskon tersebut tidak mempengaruhi ketahanan serta kualitas dari barang tersebut atau justru sebaliknya.

  • Membuat Wishlist

Hal ini biasanya sudah banyak dilakukan mereka yang mungkin memiliki impian untuk membeli produknya. Dengan membuat wishlist, tentu kamu dapat mempersiapkan budget serta sudah mengenal produk yang digunakan dari jauh-jauh hari. Hal ini juga biasanya akan membuat penurunan harga saat berada pada wishlistmu loh sehingga kamu dapat menikmati harga khusus.

  • Memahami Aturannya

Terakhir dan paling penting adalah memahami aturan saat promo atau program Hari Belanja Online Nasional ini berlangsung. Aturan yang dimaksudkan adalah seperti potongan harga, gratis biaya ongkos kirim, cashback dan lainnya. Baca dengan lebih teliti untuk menghindari miss komunikasi dalam informasi yang diberikan.

Jadi, sudah siapin budget untuk ikut Hari Belanja Online Nasional? Namun, jangan lupa untuk menyisihkan dana yang kamu miliki untuk dikembangkan melalui P2P Lending di Akseleran. Dengan keuntungan yang kamu dapatkan melalui pengembangan dana tersebut, maka kamu dapat menikmati harbolnas dengan lebih tenang tanpa takut dana habis.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 10,5%-12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

1 COMMENT

Comments are closed.