‘Lost Decade’ Terhadap Ekonomi Global: Dampak Krisis dan Tantangan Masa Depan

0
236
‘Lost Decade’ Terhadap Ekonomi Global: Dampak Krisis dan Tantangan Masa Depan

Satu dekade terakhir telah menjadi saksi dari serangkaian peristiwa yang berdampak signifikan pada perekonomian global, sehingga Bank Dunia mengeluarkan peringatan tentang kemungkinan terjadinya ‘lost decade’ atau dekade yang hilang. Apa yang dimaksud dengan istilah ini?

Bank Dunia mengingatkan pada bulan Maret lalu bahwa pandemi virus corona dan perang Rusia di Ukraina telah berkontribusi pada penurunan potensi pertumbuhan jangka panjang ekonomi global. Penurunan ini berpotensi menciptakan kondisi di mana pertumbuhan ekonomi global tidak dapat mencapai tingkat yang diharapkan, dan menyebabkan lebih banyak kemiskinan serta sumber daya yang lebih terbatas untuk melawan dampak perubahan iklim.

Selain itu, invasi Rusia ke Ukraina juga mengganggu rantai pasokan global dan merusak hubungan perdagangan internasional. Ketidakstabilan geopolitik yang dihasilkan dari konflik tersebut telah menciptakan ketidakpastian dalam bisnis global dan menghambat pertumbuhan ekonomi.

Bank Dunia memproyeksikan dalam laporan terbarunya bahwa output global potensial rata-rata akan turun ke level terendah dalam 30 tahun terakhir, yaitu sekitar 2,2% per tahun, antara tahun 2023 dan 2030. Pejabat Bank Dunia julga mengungkapkan bahwa jika gejolak perbankan saat ini berubah menjadi krisis keuangan dan resesi, maka proyeksi pertumbuhan global kemungkinan akan menjadi lebih lemah, terutama karena hilangnya pekerjaan dan investasi.

Dalam menghadapi tantangan ini, Bank Dunia memberikan beberapa saran kepada para pembuat kebijakan. Mereka menekankan perlunya kerangka kebijakan moneter dan fiskal internasional yang lebih selaras guna menghadapi tantangan ekonomi global. Selain itu, para pemimpin dunia juga perlu mencari cara untuk mengurangi hambatan perdagangan dan meningkatkan partisipasi angkatan kerja, dengan harapan dapat memperkuat pertumbuhan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja yang lebih baik.

Dampak dari serangkaian peristiwa dalam satu dekade terakhir telah menimbulkan kekhawatiran akan terjadinya ‘lost decade’ pada perekonomian global. Penting bagi para pemangku kepentingan ekonomi dan pemerintah untuk bekerja sama secara kolaboratif dan mengimplementasikan kebijakan yang kreatif guna mengatasi tantangan global ini, sehingga pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif dapat tercapai.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut